Search
Close this search box.

 

SuaraKita.org – Hari ini 20 November 2022 yang oleh seluruh dunia dirayakan sebagai Hari Peringatan Transgender (Transgender Day of Remembrance/TDoR), tercatat 390 kasus kematian orang transgender dengan 295 diantaranya disebabkan oleh kekerasan sejak Oktober 2021*.

Pada hari ini kami Perkumpulan Suara Kita menghormati mereka yang nyawanya direnggut dari komunitas kami, kami merayakan hidup mereka, dan kami berpegang teguh pada ketahanan kolektif kami. 

Di Indonesia, komunitas transgender terus bertahan dan berkembang sambil berhadapan dengan kekerasan sistemik. Mereka saling dukung dan merayakan sembari bekerja keras untuk mewujudkan mimpi.

Beberapa tahun terakhir, banyak kelompok ekstrim yang menyebarkan disinformasi tentang orang trans. Mereka menyalahgunakan kekuasaan pemerintah negara untuk mendiskriminasi komunitas minoritas gender. 

Beragam upaya dikerahkan agar mereka terlepas dari belenggu diskriminasi dan kembali mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. 

SuaraKita berjanji untuk selalu memperjuangkan hak mereka-mereka yang terpinggirkan khususnya komunitas dengan keberagaman gender atau minoritas gender. Saat ini kami berfokus pada usaha-usaha untuk mendapatkan KTP untuk transgender yang dilanjutkan dengan pengurusan BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja melalui  sistem PERISAI yang juga diiringi dengan program vaksin covid-19 bagi komunitas marginal.

Kami sadar bahwa jalan yang akan kami tempuh tidaklah mulus, dibutuhkan kerja sama saling bahu membahu  untuk mewujudkan kesetaraan bagi semua warga negara Indonesia. 

Untuk itu pada perayaan TDoR tahun 2022 kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua kawan-kawan organisasi, aparat pemerintahan, allies, vocal point, petugas lapangan dan individu-individu yang dengan sukarela membantu kerja-kerja Perkumpulan Suara Kita dalam memperjuangkan kesetaraan dan mewarnai keberagaman. 

Mari saling berpegang erat menyatukan daya upaya agar tidak seorang pun harus takut lagi akan kekerasan atau meratapi kehilangan orang yang dicintai. Apapun yang terjadi, siapapun termasuk orang-orang trans di seluruh negeri berhak untuk hidup aman, sehat, dan otentik.

Orang transgender adalah bagian penting dari komunitas kami. Pengalaman orang transgender lebih dari sekadar kekerasan dan statistik. Kami brilian, kami cantik, dan kami penuh sukacita. Hidup kita memiliki arti. Kami penting.

Selamat merayakan Hari Peringatan Transgender! (R.A.W)

*translivesmatter