Search
Close this search box.

Program Pulih Bersama, Vaksinasi Covid-19 untuk Kelompok Masyarakat Rentan

Kegiatan vaksinasi yang diberi nama Pulih Bersama (PUBER) ini mulai dilakukan sejak bulan Maret 2022 dan akan berlanjut hingga akhir tahun 2022. Sebuah tim petugas lapangan dibentuk dan bertanggung jawab atas pelaksanaan vaksinasi di wilayah masing masing dan berkoordinasi demi kelancaran pelaksanaan vaksin.

Sampai pertengahan bulan Juni 2022, program PUBER telah mencapai sekitar 1200 vaksin yang menyasar ke orang-orang dari kelompok masyarakat rentan di tiap wilayah kerja yang telah ditentukan. Disamping pelaksanaan vaksinasi, program PUBER juga secara bertahap akan memberikan akses  ke  layanan  kesehatan  mental  dengan  meluncurkan  hotline  konsultasi  online sebagai layanan pasca vaksinasi yang diharapkan dapat membantu orang-orang dari kelompok masyarakat rentan ini mengakses layanan-layanan pemerintah.

Memang tidak mudah untuk memberikan akses kepada kelompok masyarakat rentan, banyak tantangan-tantangan yang dialami tim dalam menjalankan tugas-tugas mereka, namun dengan semangat pelayanan, jawaban dari tantangan tersebut semakin mudah untuk ditemui.

Berjalannya program PUBER ini juga tidak lepas dari bantuan pemerintah melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit  yang diajak bekerjasama dalam proses pengadaan dan pelaksanaan program vaksinasi, juga dukungan dari aparat pemerintahan, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dengan demikian diharapkan program PUBER dapat berhasil mencapai sasaran dan selesai pada waktunya dengan hasil yang memuaskan. (R.A.W)