Search
Close this search box.

Penyelenggara parade LGBT Pride di Taipei. Foto CNA 19 Oktober 2021

SuaraKita.org – Taiwan LGBT Pride edisi ke-19 akan diadakan secara online pada 30 Oktober, demikian pengumuman dari penyelenggara Taiwan Rainbow Civil Action Association (TWRCAA).

Sebagai pengganti, tempat berlangsungnya acara yang melewati pusat kota Taipei, akan ada lima “panggung” online interaktif yang akan dapat diakses melalui situs web acara: https://event.taiwanpride.lgbt/en

Susunan acara tahun ini termasuk pertunjukan selebriti, pertunjukan drag queen, ruang obrolan, dan belanja online dari pukul 14:00 hingga 17:30, menurut penyelenggara.

Menjelaskan keputusan untuk membuat acara tetap online mengingat situasi COVID-19 yang membaik, juru bicara TWRCAA Tai Yu-hsun mengatakan bahwa sulit untuk membatalkan persiapan yang dibuat pada saat kasus domestik masih meningkat.

“Saat kami merencanakan pawai di awal tahun, kami baru saja menjalani kewaspadaan level 3 COVID-19. Jadi, jika kami membuat perubahan sekarang, itu akan memengaruhi kesepakatan yang kami miliki dengan kolaborator kami,” kata Tai Yu-hsun.

Pembatasan pertemuan publik diperkenalkan setelah peringatan COVID-19 di Taiwan dinaikkan ke Level 3 pada 19 Mei menyusul lonjakan kasus domestik.

Namun, dengan jumlah kasus harian sebagian besar tetap dalam satu digit, Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC) mengumumkan kembalinya ke Level 2 saat ini pada 27 Juli.

Pawai LGBT Pride tahun lalu dihadiri 130.000 orang.

Ini diikuti dari pemecah rekor 200.000 pemilih pada edisi 2019 – tahun yang sama Taiwan menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan bagi pasangan sesama jenis.

Tetapi Ketua TWRCAA Fletcher Hong mengatakan bahwa meskipun ada kemajuan baru-baru ini, masyarakat belum mencapai kesetaraan sejati bagi orang-orang di komunitas LGBT.

“Kita sering melihat area, seperti toko atau toilet, dicap sebagai ruang yang ‘ramah gender’, tapi tujuannya agar orang bisa menjadi dirinya sendiri alih-alih menjadikannya sebagai tempat berlindung… Kita perlu membuat menjadi ‘ramah’. ‘ bagian dari kehidupan normal kita sehari-hari,” kata Fletcher Hong.

Fokus lain dari acara tersebut adalah pendidikan HIV/AIDS, dengan Chiu Yi-chi direktur Asosiasi Advokasi Hak HIV/AIDS Taiwan yang mengatakan masih ada stigma yang melekat pada mereka yang terinfeksi — meskipun bukti yang berkembang bahwa mereka dengan tingkat HIV yang tidak terdeteksi tidak dapat lagi menularkan virus ke pasangan seksual.

“Kadang-kadang orang yang positif ditolak oleh dokter gigi karena perusahaan mungkin takut bahwa mereka mungkin tidak dapat sepenuhnya mendesinfeksi peralatan mereka untuk melawan HIV,” kata Chiu Yi-chi, menambahkan bahwa fasilitas perawatan jangka panjang terkadang menolak untuk membiarkan mereka yang terinfeksi HIV berbagi kamar. dengan pasien lain.

Chiu Yi-chi mengatakan dia berharap pekerjaan oleh organisasinya akan membantu orang-orang di Taiwan belajar lebih banyak tentang kemajuan medis yang berkaitan dengan HIV/AIDS, dan mengurangi stigmatisasi dengan memperkenalkannya kepada teman dan keluarga mereka yang mengidap penyakit tersebut. (R.A.W)

Sumber:

Focus Taiwan