Search
Close this search box.

Surat Terbuka: Perubahan Nama “Zakat Transpuan” Menjadi “JaKaT, Jalinan Kasih Transpuan”

Surat Terbuka

 Perubahan Nama “Zakat Transpuan” Menjadi “JaKaT, Jalinan Kasih Transpuan”

Perkumpulan Suara Kita telah membuat sebuah flyer dalam bentuk soft copy yang tujuannya mengumpulkan dana publik untuk digunakan sebagai zakat bagi komunitas transpuan miskin dan dhuafa. Informasi telah kami sebarkan kepada publik dan telah mengumpulkan beberapa dana untuk tujuan tersebut.

Kemudian pada 29 April 2021, pihak Kanwil Kementerian Agama RI Propinsi DKI Jakarta, telah bertemu dengan kami untuk menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan pengumpulan dana atas nama “Zakat Transpuan” tersebut.

Adapun dari hasil pertemuan tersebut, Perkumpulan Suara Kita menyampaikan beberapa hal;

  1. Perkumpulan Suara Kita akan mengganti nama penggalangan dana “Zakat Transpuan” dengan nama lagi yang tidak menggunakan kata “zakat”. Karena pengumpulan dana atas nama zakat, infaq mempunyai aturan sesuai undang-undang.
  2. Pergantian nama penggalangan dana yang dilakukan oleh Perkumpulan Suara Kita bernama “JaKaT, Jalinan Kasih Transpuan”. Seperti pada tujuan awal, semua hasil penggalangan dana publik akan kami salurkan kepada transpuan lansia dan miskin, khususnya di wilayah Jabodetabek.
  3. Melalui pertemuan tersebut, Kanwil Agama DKI Jakarta juga akan membantu komunitas transpuan dihubungkan dengan lembaga amil zakat, Baznas wilayah DKI Jakarta. Kami berharap kedepannya kelompok transpuan miskin atau dhuafa dapat menjadi kelompok penerima zakat.
  4. Pihak Kanwil Agama DKI Jakarta juga akan membantu, jika komunitas transpuan berencana mendirikan sebuah lembaga zakat, infaq, dan sedekah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Demikianlah surat terbuka ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Wasalam

Jakarta 1 Mei 2021

Hartoyo

Direktur Perkumpulan Suara Kita

087738849584