Search
Close this search box.

Naritsara “Lookmenn” Ownwang dipanggil untuk wajib militer pada hari Kamis di kantor draft Wat Bot Phitsanulok.  Foto: Pool

SuaraKita.org – Seorang transpuan yang menghadiri acara undian wajib militer di provinsi Phutsanulok telah memicu perdebatan dengan mengatakan bahwa tentara transgender harus diizinkan untuk bertugas di militer.

Wartawan, yang biasanya menambang berita di acara undian tahunan Thailand untuk kisah “trans muda yang seksi”, terkejut ketika Naritsara “Lookmenn” Ownwang memberitahu mereka bahwa dia tidak boleh didiskualifikasi karena identitas gendernya – meskipun dia ada di sana untuk mendapatkan pembebasan lagi sebagai mahasiswa.

“Transparan bisa bertugas di militer,” kata mahasiswa senior di Sukhothai College of Dramatic Arts yang berusia 23 tahun. “Kami bisa melakukan semua pekerjaan di luar sana. Ada tentara perempuan, jadi kenapa tidak ada trans? “

Karena akta kelahirannya mencantumkan dia sebagai lelaki, Naritsara, pemenang beberapa kontes kecantikan di bagian utara, adalah salah satu dari 284 orang yang menempati 67 tempat di kantor wajib militer setempat dalam acara ritual undian tahunan. 

Bagian dari ritual itu adalah obsesi media tabloid dengan perempuan transgender muda yang muncul dan secara rutin mendapatkan pembebasan medis. 

Sementara banyak yang bereaksi terhadap komentar Naritsara dengan konfirmasi hiruk pikuk bahwa dia memang sangat seksi, debat yang membakar juga meletus antara budaya konservatif, progresif dan anggota komunitas LGBT.

Hak permohonannya dipuji sebagai seorang patriot atas tekadnya untuk melayani bangsa. Beberapa bahkan mengangkatnya sebagai contoh untuk mempermalukan mereka yang ingin menghapus sistem wajib militer yang telah membantu menjaga pusat militer bagi masyarakat Thailand selama lebih dari satu abad.

Pujian itu sangat berlebihan di media berita yang sama yang bergegas ke acara-acara seperti itu untuk mengejek transpuan setiap tahun.

Penyiar berita Nachthapong Muhammad dari Thairath TV memuji Naritsara karena memiliki “hati seorang lelaki,” dengan mengatakan itu adalah pertama kalinya dia mendengar seorang transpuan mengatakan dia ingin melayani.

Komentarnya tidak diterima dengan baik oleh kaum progresif.

Komentator politik Tripop Leelasestaporn, yang juga transgender, mengecam Naritsara sebagai seorang “munafik” yang mengambil sikap nyaman ketika dia tidak harus melayani.

“Saya sangat kesal melihat para transpuan menjadi pro-wajib militer karena mereka tahu mereka pasti tidak akan direkrut,” katanya. “Benar-benar munafik. Dia tidak akan terpengaruh, tetapi mengapa dia tidak memikirkan yang lain? Mereka yang harus meninggalkan pekerjaan dan rumah, anak-anak dan istri untuk mengabdi pada perwira bodoh di ketentaraan. ”  

“Kalau mau wajib militer, berpakaian saja seperti lelaki dan ambil kartu merah,” tulis Werapong Natadthohg, mengacu pada kartu hitam dan merah yang ditarik untuk menentukan apakah seseorang harus melakukan wajib militer. “Jangan meminta sesuatu yang akan membuat perempuan lain merasa tidak nyaman.” 

Mengikuti wajib militer adalah sesuatu yang ingin dihindari oleh sebagian besar orang Thailand. Mereka yang dapat memanfaatkan pengaruh atau kekayaan untuk menunda atau meminimalkan wajib militer akan melakukannya, sementara banyak lelaki heteroseksual selama bertahun-tahun tertangkap basah mengenakan pakaian perempuan dalam upaya untuk menghindari wajib militer. 

Yang berkontribusi pada keengganan mereka adalah budaya militer yang kejam, dan jumlah korban tewas yang terus meningkat dari para rekrutan yang meninggal dalam keadaan mencurigakan tanpa ada yang pernah dimintai pertanggungjawaban. Enam orang peserta wajib militer tewas pada tahun lalu. (R.A.W)

Sumber:

Coconuts