Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Orientasi seksual terkait dengan kinerja kognitif, menurut penelitian baru yang meneliti data dari 254.231 individu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa keterampilan kognitif bergeser ke arah lawan jenis pada lelaki dan perempuan homoseksual. Penemuan ini diterbitkan di Neuroscience & Biobehavioral Reviews .

“Topik ini dapat membantu kita lebih memahami model kausal dari perkembangan orientasi seksual, seperti teori androgen prenatal. Teori ini memprediksi bahwa lelaki dan perempuan homoseksual akan berperilaku ke arah lawan jenis heteroseksual dalam korelasi neurologis (fungsi kognitif di sini) di mana perbedaan jenis kelamin biasanya ditemukan, “jelas penulis laporan Yin Xu dari King’s College London.

“Ini dihipotesiskan karena tindakan hormon seks prenatal dalam mengembangkan mekanisme otak yang mendasari orientasi seksual dan perilaku yang berhubungan.”

Banyak penelitian telah mendokumentasikan perbedaan berbasis jenis kelamin dalam kemampuan kognitif. lelaki heteroseksual cenderung mengungguli perempuan heteroseksual dalam tugas-tugas yang berkaitan dengan rotasi mental, persepsi spasial, visualisasi spasial, orientasi spasial, dan pembelajaran spasial. perempuan heteroseksual, di sisi lain, cenderung mengungguli lelaki heteroseksual dalam tugas-tugas yang berkaitan dengan kefasihan verbal, kecepatan persepsi, pengenalan emosi wajah, dan memori lokasi objek.

Setelah menganalisis data dari 32 penelitian yang diterbitkan antara 1980 dan 2017 yang meneliti hubungan antara kinerja kognitif dan orientasi seksual, para peneliti menemukan pergeseran lintas jenis kelamin dalam kinerja kognitif di antara individu homoseksual. Dengan kata lain, lelaki homoseksual menunjukkan kemampuan spasial dan verbal yang lebih khas dari perempuan heteroseksual, sedangkan perempuan homoseksual menunjukkan kemampuan spasial yang lebih khas dari lelaki heteroseksual.

“Kami menemukan bahwa lelaki homoseksual tampil seperti perempuan heteroseksual dalam tes kognitif yang disukai lelaki (misalnya, kognisi spasial) dan yang disukai perempuan (misalnya, kefasihan verbal), sedangkan perempuan homoseksual tampil seperti lelaki heteroseksual hanya dalam tes yang disukai lelaki. Namun, besarnya perbedaan orientasi seksual bervariasi di seluruh domain kognitif, ”kata Yin Xu.

Sejalan dengan penelitian lain tentang perbedaan jenis kelamin dalam kognisi, para peneliti menemukan ukuran efek kecil hingga sedang, yang berarti ada tumpang tindih yang besar di antara kelompok.

“Hasil kami juga tidak menunjukkan apakah perbedaan mendasar dalam proses seperti perhatian, eksekutif, atau fungsi sensorimotor, dan pembelajaran serta sosialisasi diferensial bertanggung jawab atas perbedaan orientasi seksual dalam fungsi kognitif yang lebih tinggi. Selain itu, variasi metodologis (misalnya, domain kognitif, eksklusivitas homoseksualitas) yang kami eksplorasi hanya dapat dikaitkan sebagian dengan heterogenitas antara studi yang termasuk dalam meta-analisis kami, ”kata Yin Xu. (R.A.W)

Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/12/Sexual-orientation-and-neurocognitive-ability-A-meta-analysis-in-men-and-women.pdf”]

Sumber:

psypost