Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sejak 1986, aktivis LGBT Taiwan Chi Chia-wei (62) telah menjadi pembela terkemuka untuk hak-hak LGBT dan kesadaran HIV. Dia adalah suara yang kuat dalam memperjuangkan legalisasi pernikahan sesama jenis di Taiwan.  

Dalam potongan profil TIME tentang aktivis tersebut, Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, yang juga terpilih untuk daftar 100, menulis, “Terlepas dari bahaya, Chi Chia-wei berulang kali mengajukan kasusnya untuk persamaan hak atas pengadilan, dan kegigihannya menyebabkan putusan penafsiran konstitusional Hakim Agung yang mengharuskan pemerintah untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, yang berlaku pada 2019. ”

Chia-wei awalnya bereaksi terhadap tempatnya di daftar 100 TIME dengan rasa tidak percaya, namun kemudian mengatakan itu adalah suatu kehormatan untuk dipilih. Dia juga menggunakan platform ini untuk meminta pemerintah Taiwan memperkenalkan undang-undang yang memungkinkan orang LGBT menikahi pasangan mereka yang tinggal di luar Taiwan, termasuk tempat-tempat di mana sesama jenis belum dilegalkan. 

Presiden Tsai Ing-wen juga menulis di bagian profil, “Selama bertahun-tahun, Chi Chia-wei telah berdiri tegak melawan prasangka besar dengan keberaniannya yang lebih besar dari kehidupan. Saya yakin bahwa Chi Chia-wei  akan menerangi jalan menuju masa depan di mana setiap orang berhak untuk mencintai dan dicintai. “

“Tanyakan siapa saja yang menghadiri Taiwan Pride, dan mereka mungkin bisa memberi tahu Anda tentang pertama kali mereka melihat Chi Chia-wei, berdiri dihadapan kerumunan dan melambaikan bendera pelangi. Citra itu menunjukkan apa yang dia maksudkan bagi komunitas LGBT Taiwan: simbol harapan bagi generasi berikutnya, perwujudan yang hidup dari gagasan bahwa hal itu benar-benar menjadi lebih baik, ”lanjut Presiden Taiwan. 

Daftar 100 TIME menghormati banyak tokoh LGBT terkemuka dan komunitas pendukung pada tahun 2020. Bersama Chi Chia-wei, mereka menampilkan pembuat film trans Tourmaline, aktivis Angela Davis, pendiri Black Lives Matter Alicia Garza, Patrisse Cullors, dan Opal Tometi, pengacara Chase Strangio, penulis Michaela Coel, dan ikon Billy Porter . 

Dalam daftar 100 TIME , ada lima kategori: Pionir, Artis, Pemimpin, Titans, dan Ikon. (R.A.W)

Sumber:

GCN