Search
Close this search box.

SuaraKIta.org – Keputusan penting pada tahun lalu yang berarti bahwa sekolah-sekolah di Inggris pada akhirnya akan mengajarkan pendidikan seks inklusif LGBT.

Keputusan tersebut membuat hubungan inklusif dan pendidikan seks wajib di semua sekolah di Inggris, dengan semua sekolah diberikan hingga musim panas 2021 untuk menepati janji mereka.

Keputusan seperti itu tentu saja kontroversial, terutama di negara di mana sudah ada protes tentang topik LGBT yang diajarkan di sekolah. Pada 2019, sebuah sekolah Birmingham menerima reaksi keras karena memasukkan hubungan LGBT dalam ajaran mereka.

Pada akhirnya protes dilarang berlangsung di luar sekolah. Setelah protes ini, keputusan pengadilan untuk mewajibkan inklusi LGBT menjadi lebih berdampak.

Murid sekolah dasar akan diajar tentang model keluarga yang berbeda, sedangkan murid sekolah menengah akan menerima informasi tentang orientasi seksual dan identitas gender yang berbeda.

Ini sudah lama sekali, dan banyak yang keluar untuk merayakannya – termasuk direktur pendidikan dan pemuda Stonewall, Mo Wiltshire.

“Sulit untuk mengatakan dengan kata-kata betapa penting dan mengubah hidup ini nantinya,” katanya dalam sebuah opini.

“Generasi muda akan bersekolah di sekolah yang tidak hanya menerima orang LGBT dan hubungan sesama jenis, tetapi juga merayakan dan menawarkan dukungan atas masalah yang dihadapi remaja LGBT.”

Ini sangat kontras dengan apa yang diajarkan di sekolah-sekolah Inggris hanya beberapa dekade yang lalu, yang diam total tentang topik LGBT dan pendidikan seks.

Di bawah Perdana Menteri Margaret Thatcher, Pasal 28 diajukan yang melarang mempromosikan “gaya hidup gay”. Oleh karena itu, banyak pendidik dicegah untuk memberikan informasi apapun tentang identitas LGBT.

Pasal tersebut dicabut pada tahun 2003, tetapi meskipun demikian, laporan tahun 2017 oleh Stonewall menemukan bahwa 40% dari semua murid masih belum menerima informasi inklusif LGBT.

Semoga tahun ini berbeda. Sekolah independen dan agama tidak seharusnya dikecualikan dari keputusan itu – namun, mereka mungkin menemukan jalan keluarnya.

Di Inggris, agama dilindungi oleh Undang-Undang Kesetaraan 2010 (seperti orientasi seksual dan identitas gender). Dengan demikian, beberapa sekolah mungkin berdebat untuk mengajar dalam keyakinan mereka.

Untuk saat ini, jutaan murid Inggris akan kembali ke sekolah untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi dan diharapkan dapat bertemu dengan lingkungan yang lebih inklusif. (R.A.W)

Sumber:

GCN