Search
Close this search box.

SuaraKita.org – American Gene Technologies telah menerima persetujuan Food and Drug Administration untuk memulai uji coba terapi gen pada manusia yang disebut-sebut sebagai obat yang mungkin untuk menyembuhkan HIV.

FDA minggu ini mengesahkan uji coba Tahap I dari produk yang dikenal sebagai AGT103-T. Itu dibuat dari sel darah dan memulai proses yang meningkatkan sel T tubuh, yang melawan HIV, dan menggunakan terapi gen untuk membantu sel-sel tersebut bertahan hidup. Dalam penelitian praklinis pada model sel, AGT103-T telah menunjukkan “kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri dari HIV ketika ditantang dengan virus dan sel manusia yang terinfeksi HIV,” menurut siaran pers dari perusahaan, yang berbasis di Rockville, Md. American Gene Technologies meneliti produk bekerja sama dengan National Institute of Allergy and Infectious Disease, sebuah badan pemerintah federal.

Uji coba Tahap I akan menyelidiki keamanan AGT103-T dan mengukur beberapa faktor yang menunjukkan apakah itu efektif. Perusahaan akan melakukan uji coba yang berlokasi di Baltimore-Washington, DC, wilayah metropolitan, yang memiliki banyak kasus HIV. Ini diharapkan dimulai pada bulan September.

Meskipun obat antiretroviral dapat mengendalikan HIV hingga tidak terdeteksi, obat tersebut bukanlah obat untuk virus. Dua pasien, satu di London dan satu di Berlin, telah dilaporkan dalam keadaan remisi dari HIV setelah menerima transplantasi sel induk sumsum tulang, sesuatu yang oleh para ilmuwan disebut sebagai “penyembuhan fungsional” tetapi tidak langsung, dan transplantasi itu terlalu berbahaya dan mahal. untuk digunakan secara luas.

Pengobatan antiretroviral adalah komitmen seumur hidup, dan obat tersebut dapat memiliki efek samping atau menjadi tidak efektif di beberapa titik. Pada Konferensi AIDS Internasional tahun ini, dokter melaporkan bahwa seorang lelaki dengan HIV di São Paulo, Brasil, tidak menunjukkan tanda-tanda adanya virus bahkan setelah menggunakan antiretroviral dan tanpa menerima transplantasi, tetapi mereka mengatakan masih terlalu dini untuk menyatakan dia sembuh. Jadi, pencarian penyembuhan berlanjut dengan produk seperti AGT103-T.

Eksekutif American Gene Technologies mengungkapkan optimisme tentang terapi baru tersebut. “Saya yakin AGT103-T akan menjadi langkah penting menuju penyembuhan HIV pada akhirnya,” kata pendiri dan CEO Jeff Galvin dalam siaran pers.

“Ini adalah berita penting bahwa kami memiliki persetujuan FDA untuk meluncurkan Tahap I dan melakukan uji coba manusia pertama kami,” tambah Chief Science Officer David Pauza, Ph.D. “Kami sangat bersemangat untuk mencapai pencapaian ini. Ini membawa kita lebih dekat ke tujuan kita untuk mengubah kehidupan dengan obat-obatan genetik. Berdasarkan keberhasilan produksi produk skala komersial kami dan fitur produk yang diamati di laboratorium kami, terapi ini memiliki potensi tinggi untuk menjadi efektif. ” (R.A.W)

Sumber:

HiV+