Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Komunitas LGBT Taiwan merayakan status mereka sebagai suar untuk hak-hak LGBT  di Asia dengan meluncurkan acara bersepeda untuk.amal.

Asia Rainbow Ride pertama dapat dilakukan karena negara tersebut telah berhasil mengendalikan virus COVID-19.

Asia Rainbow Ride  akan menjadi bagian dari bulan Pride di bulan Oktober ketika negara itu menjadi salah satu dari sedikit warga di dunia yang mengadakan acara Pride 2020 berskala besar .

Enam pendiri – dari Taiwan, Malaysia, Shanghai, Singapura, dan San Francisco – berkumpul untuk membuat acara tersebut.

Mereka bekerja dengan Taiwan Equality Campaign – sebelumnya Marriage Equality Coalition Taiwan – yang akan mendapatkan keuntungan dari uang yang mereka kumpulkan.

Sementara itu, mereka berharap pengendara sepeda LGBT, para pendukung, warga Taiwan lokal, dan pelancong asing berkumpul bersama untuk menyukseskannya.

Salah satu pendiri Jennifer Chang Dazols berkata:

‘Saya dan istri saya bertemu saat bersepeda dalam AIDS Lifecycle, kegiatan amal bersepeda yang mengumpulkan jutaan dolar untuk layanan HIV di California. Sebagai orang Taiwan-Amerika, saya sangat bangga memulai perjalanan dengan misi dan komunitas serupa di Asia. ‘

Selain itu, pendiri yang lain Olivia Wu menambahkan: ‘Saya sangat senang dapat memfasilitasi pengalaman di mana teman baru dapat berkumpul untuk bertukar pikiran tentang kesetaraan sambil menikmati keindahan pemandangan Taiwan.’

Naiki sepeda Anda

Penyelenggara berharap dapat memperluas acara Asia Rainbow Ride di tahun-tahun mendatang/PIN IT

Untuk tahun perdana ini, perjalanan akan menempuh garis pantai sepanjang 130 km. Pengendara sepeda akan berkendara dari tujuan pantai populer Fulong ke ibu kota Taipei pada 24 dan 25 Oktober.

Di garis finis, pengendara dan pendukung akan bergabung bersama pada upacara penutupan di lingkungan Rumah Merah Ximen. Itulah jantung komunitas LGBT.

Penyelenggara mengatakan ini adalah perjalanan yang menyenangkan, bukan balapan, jadi pengendara sepeda dengan semua kemampuan dapat menikmatinya. Anda dapat mengetahui lebih lanjut dan mendaftar di sini .

Namun, pada tahun 2022, panitia berharap dapat memperpanjang perjalanan menjadi perjalanan tujuh hari dengan menempuh jarak 910 km menyusuri garis pantai Taiwan.

Mereka menyebut acara tersebut sebagai ‘tempat yang aman bagi orang-orang dari seluruh dunia untuk bertukar ide, menantang kekuatan fisik dan mental mereka dengan bersepeda, dan meningkatkan kesadaran serta mengumpulkan sumbangan untuk layanan LGBT di Asia’.

Tahun lalu, Taiwan menjadi negara pertama di Asia yang mengizinkan pernikahan sesama jenis . Sebaliknya, 20 dari 48 negara di Asia melarang aktivitas sesama jenis.

Jennifer Lu, direktur eksekutif Taiwan Equality Campaign, mengatakan:

‘Sebagai negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis, itu merupakan perjalanan yang panjang. Kami masih berjuang untuk kesetaraan sejati dan selamat bergabung dengan Asia Rainbow Ride untuk menunjukkan ketangguhan dan ketekunan kami. ‘

Taiwan Pride ditetapkan pada bulan Oktober

Taiwan telah menyelenggarakan acara kecil Pride pada bulan Juni. Taiwan Pride Parade for the World adalah untuk menunjukkan solidaritas dengan lebih dari 450 kota di seluruh dunia yang harus membatalkan atau menunda festival mereka .

Namun festival utamanya akan berjalan sesuai rencana pada 31 Oktober. Taiwan Pride biasanya menarik hingga 140.000 pengunjung.

Selain itu, kota ini tidak hanya memiliki acara Pride terbesar di Asia tetapi juga memiliki kuil Dewa Kelinci Cina kuno yang tugas khususnya adalah untuk mengawasi cinta dan seks sesama jenis. (R.A.W)

Sumber:

GSN