Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Perayaan Bulan Kebanggan (Pride Month) Tahunan yang dijadwalkan berlangsung di seluruh dunia pada Juni 2020 telah dibatalkan atau ditunda karena pandemi COVID-19. Sekarang, seorang aktivis Taiwan telah melangkah maju dan mengorganisir pride parade atau parade kebanggaan atas nama dunia – Pride Parade For The World Taiwan akan diadakan di Taipei pada hari peringatan kerusuhan Stonewall pada 28 Juni 2020.

Darien Chen, ketua bersama pawai LGBT Pride Taiwan pertama (hari ini, parade kebanggaan terbesar di Asia) pada tahun 2003 dan perwakilan negara untuk kontes World Gay  2013, adalah otak di balik inisiatif ini.

Epidemi Coronavirus telah mengakibatkan lebih dari 475 kegiatan Pride Parade di seluruh dunia dibatalkan atau ditunda. Ini termasuk pawai di New York, Chicago, Los Angeles, dan San Francisco. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 20 juta orang menghadiri pawai tahunan ini.

Dengan perayaan bulan kebanggaan yang dilaksanakan secara online, Darien Chen khawatir bahwa komunitas LGBT kehilangan kesempatan untuk menyoroti masalah ketidaksetaraan dan diskriminasi dan juga untuk “merayakan pahlawan mereka.” Fakta bahwa Taiwan sejauh ini berhasil menahan pandemi di negara itu dan peristiwa besar tidak dilarang adalah kesempatan untuk “menghormati keluarga gay global,” menurut Darien Chen.

Taiwan adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak melakukan lockdown selama pandemi yang sedang berlangsung. Belum ada infeksi lokal selama lebih dari 64 hari. Dari total 445 kasus di negara itu, 354 dibawa dari luar negeri, 55 kasus lokal dan 36 kasus pelaut yang merupakan bagian dari armada Goodwill di Pasifik. Kasus terbaru dilaporkan pada 15 Juni, ketika pasangan yang sudah menikah kembali dari Bangladesh dan dinyatakan positif.

“Berdiri untuk saudara-saudari kita yang terkasih di seluruh dunia yang masih menderita lockdown dan social distancing, atau yang tidak dapat mengikuti pawai karena alasan apa pun,” demikian tertulis di pengumuman untuk Pride Parade For The World Taiwan di Facebook.

Darien Chen mengungkapkan rencana untuk inisiatif akar rumput. Parade akan dilakukan dengan berjalan kaki singkat dari Alun-alun Liberty yang bersejarah ke National Chiang Kai-shek Memorial Hall di jantung kota Taipei.

“Kami akan memberikan 500 poster dengan satu sisi menggambarkan Bendera Kebanggaan Taiwan dan sisi lainnya untuk pawai untuk menuliskan negara yang mereka wakili dalam pawai,” kata Darien Chen. “Kami juga akan memberikan topeng pelangi ‘Made in Taiwan’, untuk menunjukkan dukungan dan meningkatkan kesadaran.”

WERK! acara pesta gay terpanjang di Taiwan berencana untuk menjadi tuan rumah pesta bagi dunia pada 20 Juni. Selama pawai dan juga pesta, kampanye “Mars4Mask” akan menerima sumbangan topeng yang akan dikirim ke pusat LGBT di seluruh dunia, kata Darien Chen . Rencana sedang dilakukan untuk mendapatkan penyanyi populer untuk bernyanyi di acara puncak pawai tersebut.

Sementara kekhawatiran COVID-19 telah menyebabkan pembatalan pride parade, Darien Chen mengungkapkan  bahwa di Taiwan, pemerintah telah mengumumkan bahwa kegiatan-kegiatan besar akan “kembali normal.”

“Taiwan belum memiliki kasus covid lokal selama lebih dari dua bulan. Orang-orang Taiwan masih mengenakan masker di tempat-tempat ramai, dan mematuhi aturan mencuci tangan dan peraturan lainnya yang direkomendasikan, ”kata Darien Chen.

Tempat yang dipilih untuk tempat berkumpul sebelum pawai adalah Liberty Square, di mana orang tidak perlu mendapatkan izin khusus untuk mengatur pertemuan kecuali pemerintah telah menjadwalkan suatu acara di daerah tersebut. “Kami hanya perlu melapor ke kantor polisi yang ditunjuk, hanya sehari sebelum acara. Kami punya, dan itu sebabnya kami benar-benar mendorong pelaksanaan pawai selama satu hari karena pemerintah menggunakan ruang tersebut pada 27 Juni, “kata Darien Chen.

“Kami mengundang Anda untuk datang dan menikmati kebebasan dan kesetaraan kami, satu tahun setelah menjadi negara pertama di Asia yang secara historis melegalkan kesetaraan pernikahan. Kami juga menantikan Anda semua lagi, di Taiwan Pride 2020 pada 31 Oktober 2020, ” kata Darien Chen. (R.A.W)

Sumber:

starobserver