Search
Close this search box.

SuaraKita.org – PBB mengeluarkan laporan yang mendokumentasikan jangkauan global dan dampak “terapi konversi” gay dan transgender yang menyerukan agar negara-negara di seluruh dunia bekerja untuk melarang praktik yang didiskreditkan secara ilmiah.

Praktik terapi konversi,  dokumen PBB menyatakan , adalah “intervensi yang bersifat luas” yang “bertujuan untuk mempengaruhi perubahan dari nonheteroseksual ke heteroseksual dan dari trans atau gender beragam ke cisgender.”

Anak di bawah umur sering menjadi sasaran praktik ini, PBB menemukan, sebagian karena mereka tidak memiliki hak hukum untuk mengendalikan keputusan perawatan kesehatan mereka dan “sebagai hasil dari keinginan orang tua atau wali agar mereka menyesuaikan diri dengan harapan dari komunitas mereka, terkait dengan orientasi seksual dan identitas gender. “

Laporan tersebut, dirilis pada bulan Mei, ditulis oleh Pakar Independen PBB tentang Orientasi Seksual dan Identitas Gender, Victor Madrigal-Borloz. Didirikan pada tahun 2016,  mandat kantor tersebut  adalah untuk menyelidiki diskriminasi dan kekerasan terhadap orang-orang LGBT di seluruh dunia dan menghasilkan dua laporan tahunan, kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan Majelis Umum PBB.

Kantor itu “menghadapi banyak penolakan dari sejumlah negara,” kata Sahar Moazami, seorang staf program PBB di OutRight Action International. “Sudah ‘kontroversial,’ seperti yang mereka katakan di PBB”

Sebelum publikasi laporan itu, Sahar Mozami mengatakan PBB belum “benar-benar berbicara tentang terapi konversi,” menggambarkan dampak potensial dari laporan itu sebagai “besar.”

“Kami menerima begitu saja bahwa kami dapat berbicara tentang hal-hal ini secara terbuka, atau bahkan memiliki bahasa untuk menyatakan bahwa ‘Saya mengalami terapi konversi,’” kata Sahar Mozami. Dia mengatakan kompilasi laporan tentang banyak bentuk terapi konversi yang dilakukan pada orang-orang LGBT di seluruh dunia “menyediakan outlet bagi individu untuk memberikan pengalaman mereka.”

Laporan tersebut menjelaskan bahwa terapi konversi adalah risiko terhadap kehidupan LGBT di seluruh dunia.(R.A.W)

Laporan dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/06/G2010868.pdf”]

Sumber:

NBC