Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah jajak pendapat Pew Research baru-baru ini menggali lebih dalam tren yang dialami orang dalam kencan online. Menurut hasil, pengguna lesbian, gay, dan biseksual lebih sering mengalami pelecehan daripada pengguna yang heteroseksual. 

Data menunjukkan bahwa 48 persen pengguna aplikasi kencan LGB telah mengalami seseorang yang menghubungi mereka lama setelah mereka menyatakan mereka tidak tertarik, dibandingkan dengan 35 persen pengguna heteroseksual.

Lebih jauh lagi, 17 persen pengguna aplikasi LGB mengatakan bahwa mereka pernah menerima ancaman pelecehan secara fisik oleh orang-orang lain, dibandingkan dengan hanya 7 persen pengguna heteroseksual.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa orang LGB dewasa lebih menyukai menggunakan aplikasi kencan online daripada orang heteroseksual. Faktanya, 55 persen LGB mengklaim mereka pernah menggunakan situs atau aplikasi kencan online, dibandingkan dengan 28 persen orang heteroseksual.

Selain itu, 28 persen orang dewasa LGB mengatakan bahwa mereka bertemu pasangannya secara online, dibandingkan dengan 11 persen orang heteroseksual; dan 37 persen orang dewasa LGB saat ini menggunakan situs atau aplikasi kencan online, dibandingkan dengan 24 persen orang heteroseksual.

Lebih dari setengah pengguna aplikasi kencan online LGB (56 persen) mengatakan bahwa mereka telah menerima pesan atau gambar eksplisit secara seksual yang tidak mereka minta, dibandingkan dengan 32 persen pengguna heteroseksual.

Dijelaskan pula bahwa 90 persen dari pengguna aplikasi kencan online LGB benar-benar berpikir itu adalah “biasa” bagi orang untuk menerima pesan atau gambar yang eksplisit secara seksual yang mereka tidak minta, dibandingkan dengan 80 persen pengguna heteroseksual.

Penelitian juga menunjukkan bahwa 41 persen (atau empat dari 10) pengguna aplikasi  kencan online LGB mengatakan bahwa seseorang menyebut mereka dengan nama yang ofensif di situs atau aplikasi kencan, dibandingkan dengan 25 persen pengguna heteroseksual.

Pew Research juga mencatat bahwa sebagian besar pengguna aplikasi kencan online LGB (78 persen) merasa bahwa “situs kencan dan aplikasi adalah cara yang sangat atau agak aman untuk bertemu orang,” dibandingkan dengan 69 persen dari pengguna aplikasi kencan online heteroseksual.(R.A.W)

Sumber:

Advocate