Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Kota Lambeth telah memilih walikota positif HIV pertama di Inggris yang berjanji untuk menggalang dana dan melobi atas nama sejumlah besar orang muda LGBT yang menghadapi masalah tunawisma dan masalah domestik sebagai akibat dari seksualitas mereka.

Cllr Philip Normal (38) seorang seniman, pemilik toko di Brixton Village Market, telah mewakili distrik Lambeth sejak pemilihan pemerintah daerah Mei 2018.

Dia terpilih sebagai Walikota Lambeth pada pertemuan umum tahunan dewan yang diadakan untuk pertama kalinya pada 22 April.

Cllr Philip Normal, yang tinggal di Kennington, mengatakan: “Saya didiagnosis HIV positif pada tahun 2005. Saya sudah menjalani pengobatan selama 10 tahun, dan berkat kerja yang luar biasa yang dilakukan NHS di bidang kesehatan seksual, seperti banyak orang lain dengan syaratnya, saya bisa hidup panjang dan sehat.

“Itu mengatakan itu bukan sesuatu yang harus kita banggakan karena menyoroti rasa malu dan stigma yang telah dikaitkan dengan HIV terlalu lama.

“Bersikap terbuka tentang status Anda adalah pilihan individu dan tidak ada yang merasa wajib mengungkapkan status mereka.

“Tetapi saya berharap bahwa dengan memilih untuk melakukannya saya dapat menunjukkan bahwa tidak ada batasan untuk apa yang dapat dicapai oleh orang yang hidup dengan HIV, dan bahwa kita harus menghancurkan stigma tentang HIV untuk selamanya.

“Lebih jauh, dalam masa kecemasan yang luar biasa bagi komunitas kita dan tragedi yang terlalu banyak, kisah pengobatan HIV mengingatkan kita bahwa selalu ada harapan berkat ilmu kedokteran.

“Dulu kami putus asa dan sekarat, tetapi sekarang, dengan pengobatan yang efektif untuk HIV, tidak terdeteksi tidak dapat ditularkan.”

Cllr Philip Normal telah berkampanye tentang masalah kesehatan seksual dan hak LGBT selama 20 tahun, sejak pertama kali coming out dua dekade lalu.

Setelah tumbuh besar di Bedfordshire, ia pindah ke London pada tahun 2000, belajar mode di Universitas Westminster sebelum menetap di Lambeth delapan tahun lalu.

Sebagai Walikota Lambeth selama 12 bulan ke depan ia akan menggalang dana untuk Albert Kennedy Trust (AKT),  yang mendukung LGBT yang berusia antara 16 hingga 25 tahun yang sedang menghadapi atau telah menjadi tunawisma, atau tinggal di lingkungan yang bermusuhan.

Cllr Philip Normal berkata: “Saya selalu berencana untuk pindah ke London, terutama karena menjadi seorang gay muda memang menyebabkan masalah dalam keluarga saya, ketika itu semuanya tidak sederhana atau mudah.

Saya pertama kali pindah ke sini, ini adalah pertama kalinya saya tinggal di London Selatan, dan segera setelah saya pindah, saya merasa saya benar-benar dapat menetap di sini karena komunitas yang luar biasa.

“Saya pikir itu adalah pesan penting, karena seperempat anak muda gelandangan yang diidentifikasi sebagai LGBT, dan 77 persen klien Albert Kennedy Trust mengatakan bahwa coming out  ke keluarga mereka adalah alasan mereka memiliki masalah di rumah atau berakhir menjadi tunawisma.

“Ini masalah kritis dan sangat relevan bagi Lambeth karena ini adalah wilayah dengan populasi gay terbesar di negara ini.

“Kami memiliki masalah besar dengan tunawisma sehingga AKT sangat penting dan aktif di wilayah ini, dan saya senang bisa mendukung mereka dengan cara baru ini.” (R.A.W)

Sumber:

LNO