Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Di mana tempat paling berharga dan penting di dunia untuk orang-orang LGBT? Yang melambangkan sejarah kita yang kaya dan harapan untuk masa depan?

Terinspirasi oleh Tujuh Keajaiban Dunia, Tujuh keajaiban LGBT tersebar di seluruh Amerika, Asia, Afrika, dan Eropa. Dan rentang 2.500 tahun membawa kita peringatan dari masa lalu dan inspirasi untuk dunia yang lebih baik.

Villa Hadrian, Tivoli, Italia

Hadrian adalah salah satu kaisar Romawi yang paling terkenal dan baik gay atau biseksual.

Ia terkenal karena Tembok Hadrianus di Inggris Utara untuk mengendalikan perbatasan utara provinsi Romawi Britannia.

Namun warisannya jauh lebih besar dari itu. Tidak seperti biasanya bagi kaisar Romawi, Hadrian dikenal sebagai penguasa yang adil dan populer dan pemerintahannya adalah masa damai.

Di balik tembok Hadrian, ia memesan proyek pembangunan berskala besar di seluruh kekaisaran. Satu yang masih bisa Anda kunjungi adalah Pantheon di Roma.

Lebih sedikit orang yang tahu tentang seksualitas Hadrian. Tetapi dia memiliki seorang kekasih lelaki terkenal, bernama Antinous, seorang pemuda dari Bithynia, di utara Turki.

Ketika Hadrian dan Antinous berlayar di Sungai Nil pada tahun 130AD, Antinous tenggelam. Hadrian diliputi dengan kesedihan dan duka.

Tetapi kaisar berduka untuk kekasihnya dengan gaya mewah. Dia memiliki para imam yang menyatakan Antinous sebagai dewa dan membangun sebuah kota baru di dekat lokasi kematiannya, menamakannya Antinopolis.

Agama ‘kultus’ dewa Antinous terbukti berguna bagi kekaisaran, menghubungkan seorang bocah lelaki dari provinsi timur dengan kekuatan kekaisaran Romawi. Orang-orang membangun kuil untuknya, mencetak koin dengan wajahnya dan melanjutkan pemujaan bahkan setelah kematian Hadrian.

Villa dan ibukota kekaisaran

Sementara itu Hadrian telah mengubah vila yang dibangunnya di sebelah timur Roma menjadi tempat tinggal resminya di 128AD.

Kata ‘villa’ membuat situs tersebut tidak adil. Pikirkan istana, bukan rumah yang sederhana. Seluruh kompleks membutuhkan 300 hektar. Itu termasuk rumah dan kantor Hadrian, kamar mandi, kuil, barak, teater, taman, air mancur dan gua.

Sementara itu termasuk tempat untuk relaksasi dan hiburan yang mewah, bangunan itu juga akan sibuk dengan urusan kerajaan Romawi yang luas.

Bahkan hari ini, pengunjung dapat membayangkan Hadrian berjalan-jalan di taman dengan Antinous. Dan patung-patung pemuda cantik yang dicukur bersih ditemukan di samping kaisar berjanggut tampan di vila.

Saat ini situs tersebut disebut Villa Adriana dalam bahasa Italia dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Dan bangunan itu adalah salah satu situs arkeologi yang paling terpelihara dan paling banyak dikunjungi di negara ini.

Stonewall Inn, New York, Amerika

The Stonewall Inn di Christopher Street, New York adalah sebuah monumen bagi gerakan LGBT modern – tetapi tidak dimulai seperti itu.

Stonewall Inn asli bukan gay dan bukan di Christopher Street. Dan serangan polisi pertama bukan tentang orang-orang LGBT.

Awalnya terletak dua menit berjalan kaki di Seventh Avenue South. Kembali pada tahun 1930, itu adalah speakeasy (semacam bar) yang menyamar sebagai tempat minum teh dan digerebek oleh agen yang memberlakukan larangan.

Bar tersebut pindah ke 51 hingga 53 Christopher Street pada tahun 1934 – sebuah bangunan yang sebelumnya merupakan istal dan kemudian sebagai toko roti. Bangunan itu terbakar 30 tahun kemudian. Tetapi pada tahun 1966, Mafia berinvestasi di dalamnya dan pada saat itulah Stonewall Inn menjadi bar gay.

Mafia menyadari bahwa orang LGBT akan membayar mahal untuk minuman encer dan bahkan memeras pelanggan yang lebih kaya.

Tetapi Stonewall Inn memiliki jukebox dan lantai dansa dan merupakan salah satu tempat pasangan sesama jenis bisa berdansa bersama.

Terlepas dari perlindungan Mafia dan amplop uang tunai yang diberikan kepada polisi, penggerebekan polisi sering terjadi. Memang, bar sering mendapat informasi tentang serangan yang akan datang, sehingga bisa mengatur lagi dengan cepat setelahnya.

Kemudian, sekitar pukul 01.20 pada tanggal 28 Juni 1969, serangan polisi tidak berjalan sesuai rencana dan mengubah sejarah.

Ketegangan antara orang-orang LGBT dan polisi sudah tinggi, serangan itu memakan waktu lebih lama dari biasanya dan kerumunan berkumpul. Seorang perempuan menentang penangkapan dan berteriak, ‘mengapa kalian tidak melakukan sesuatu?’ Akhirnya setelah didorong terlalu jauh, mereka bertindak.

Kebingungan dari perkelahian jalanan mengartikan bahwa saksi mata sampai hari ini tidak setuju dengan apa yang sebenarnya terjadi pada kerusuhan Stonewall.

Stonewall dan hak-hak LGBT modern

Tapi hari ini momen itu secara luas dipandang sebagai kelahiran gerakan LGBT modern.

Pada tahun-tahun setelah kerusuhan Stonewall, bar berhenti beroperasi dan bangunan itu digunakan sebagai toko bagel, restoran Cina, dan toko sepatu.

Tetapi dengan meningkatnya minat pada warisan LGBT, sekarang ada bar Stonewall. Dan di Christopher Park yang kecil di seberangnya, Anda akan menemukan prasasti peringatan permanen.

Baik pemerintah Amerika dan Kota New York telah mengakui situs tersebut sebagai monumen bersejarah. Dan tahun lalu New York menjadi tuan rumah World Pride untuk menandai peringatan 50 tahun kerusuhan.

Kuil Khajuraho, Madhya Pradesh, India

Bukti historis tentang seks gay sering disensor – tetapi di India itu diukir menjadi batu di dinding kuil.

Hindu mungkin adalah agama tertua di dunia. Dan Hindu telah merayakan homoseksualitas dan varian gender sebagai hal yang alami dan menyenangkan sepanjang sejarah.

Monumen Khajuraho adalah sekelompok kuil Hindu dan Jain di Madhya Pradesh, India. Dinasti penguasa Jain dan Hindu, Chandelas, membangunnya sekitar 1.000 tahun yang lalu. Dan sementara dulu ada 85 kuil di wilayah seluas 20 kilometer persegi, hari ini tinggal 25 yang masih tersisa..

Seluruh kompleks ini dihiasi dengan ukiran yang indah yang melambangkan pandangan Hindu tentang bagaimana menjalani hidup Anda.

Saat ini, Kuil Khajuraho adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Dan sangat terkenal karena ukiran tindakan seksual mereka, termasuk aktivitas sesama jenis.

Tetapi, pada kenyataannya, patung erotis hanya 10% dari total. Ini dicampur dengan penggambaran kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, di India seksualitas – gay, biseksual dan hetero – dianggap sebagai fakta kehidupan sehari-hari daripada yang ekstrem. Selain itu, keinginan adalah tujuan hidup yang sah.

Melihat seni LGBT

Adegan yang menunjukkan jenis kelamin yang sama dan aktivitas biseksual cukup eksplisit.

Sebagai contoh, satu patung di kuil Kandariya Mahadeva menunjukkan seorang lelaki menjangkau untuk menyentuh penis orang lain yang ereksi.

Di dinding selatan kuil Kandariya Mahadeva Anda akan menemukan pesta seks termasuk tiga perempuan dan satu lelaki. Salah satu perempuan dengan lembut membelai yang lain.

Dan ada pesta seks lain di kuil Lakshmana dengan seorang lelaki yang duduk memberikan seks oral kepada lelaki lain.

Semua jenis minoritas seksual dan gender telah lama menjadi bagian dari kehidupan budaya India. Sekarang Mahkamah Agung India telah menghapus aturan kolonial Inggris yang melarang homoseksualitas, budaya asli India ini secara bertahap menegaskan kembali dirinya sendiri.

Lesbos, Yunani

Pulau Lesbos di Yunani dan penyairnya yang paling terkenal, Sappho, secara harfiah identik dengan perempuan lesbian – memberi kami kata-kata lesbian dan sapphic.

Sappho hidup dari sekitar tahun 630 hingga 570 SM dan menulis puisi liris. Puisi-puisinya dinyanyikan sambil memainkan kecapi.

Banyak dari puisinya telah hilang dan kata-kata hilang dari beberapa bagian yang tersisa. Namun, itu masih dianggap luar biasa dan berpengaruh pada penulis modern, lebih dari 2.500 tahun kemudian.

Romantik masih akan menemukan kata-katanya beresonansi. Misalnya dalam puisi ini, ia meminta bantuan dewi cinta, Aphrodite:

Immortal Aphrodite, di atas takhtamu yang dikeraskan dengan rumit,

anak Zeus, penenun tipu muslihat, ini aku berdoa:

Nona, jangan hancurkan hatiku

dengan rasa sakit dan kesedihan.

Seiring berjalannya waktu dan orang-orang menjadi lebih homofobik, para ahli mencoba untuk menyarankan Sappho sebenarnya heteroseksual untuk menyelamatkan reputasinya. Tetapi para ahli hari ini secara luas menerima bahwa dia adalah seorang penulis puisi homoerotik dan sebagai pecinta perempuan.

Lesbos atau Lesvos, situs Warisan Dunia

Lesbos modern – lebih tepatnya disebut Lesvos – adalah permata tersembunyi dari pulau-pulau Yunani. Hotel ini menawarkan perairan safir, kota-kota sempurna gambar dan suasana santai yang belum dirusak oleh pariwisata komersial.

Bahkan, sangat menakjubkan bahwa seluruh pulau adalah situs Warisan Dunia UNESCO.

Secara alami, perempuan lesbian dan bi dan wisatawan LGBT lainnya tertarik ke pulau ini. Khususnya pengunjung berduyun-duyun ke Eresos, tempat kelahiran Sappho.

The Castro, San Francisco, Amerika

Jika Stonewall Inn adalah tempat gerakan LGBT modern lahir, Castro adalah tempat ia tumbuh.

Penduduknya yang paling terkenal adalah politisi San Francisco Harvey Milk yang coming out sebagai gay, menggembleng komunitas LGBT di kota tersebut.

Tetapi The Castro telah menarik kehidupan LGBT jauh sebelum Harvey Milk pindah ke California.

Kelahiran daerah sebagai distrik gay dimulai pada 1940-an. Militer Amerika mengeluarkan ribuan prajurit gay dan biseksual selama Perang Dunia II karena angkatan bersenjata tidak menerima seksualitas mereka. Banyak dari mereka menetap di San Francisco.

Belakangan, pada 1960-an, keluarga mereka meninggalkan Castro untuk pindah ke pinggiran kota. Itu membuka sejumlah besar real estate untuk orang LGBT untuk pindah.

Bar gay resmi pertama di distrik itu, Missouri Mule, dibuka pada tahun 1963. Tetapi masa kejayaan The Castro dimulai ketika gelombang Summer of Love 1967 membawa para hippies androgini ke daerah itu.

Pada 1973, ketika Harvey Milk tiba, itu adalah daerah gay yang mapan. Dia membuka toko kamera, Castro Camera, dan menggunakannya sebagai markas politiknya saat dia mencalonkan diri untuk jabatan publik.

Dia menghadapi risiko ancaman kematian dengan kekerasan untuk mendorong masyarakat agar membela diri. Dan dia bahkan membantu menginspirasi Bendera Pelangi.

Tragisnya, Milk hanya melayani kurang dari setahun di kantor sebagai Pengawas Kota, sebelum sesama politikus Dan White membunuhnya pada tahun 1978. 

Lebih buruk lagi adalah krisis AIDS tahun 1980-an menghantam The Castro dengan sangat buruk. Tetapi komunitas itu melawan, mempromosikan seks yang aman dan tes HIV.

Selain itu, daerah tersebut terus tumbuh dan berkembang sebagai suar bagi orang-orang LGBT di seluruh dunia.

Pengakuan untuk The Castro

Distrik Budaya LGBT Castro secara resmi didirikan pada tahun 2019. Dan Rainbow Honor Walk mengenang orang-orang LGBT yang inspirasional dari seluruh dunia.

Yang paling penting, The Castro terus menjadi jantung kehidupan LGBT di San Francisco. Ini menarik pengunjung global untuk menikmati acara-acara, museum, bar, restoran, dan lainnya.

Alexandria, Mesir

Sejarah LGBT Alexandria diselimuti misteri. Namun teka-teki terbesar dari semuanya adalah menghilangnya makam pendiri kota itu – Alexander Agung.

Alexander adalah raja Makedonia, di Yunani Kuno. Aleksandria di Mesir hanyalah salah satu dari banyak kota yang ia dirikan dan dinamai sesuai namanya saat ia menaklukkan banyak dunia yang dikenal.

Pasukannya menjelajahi Persia dan sampai ke India. Penaklukannya membangun kerajaan terbesar di dunia yang belum pernah terlihat. Tetapi Alexander meninggal, dalam usia 32 tahun, pada tahun 323 SM.

Sementara Alexander menikah setidaknya dua kali untuk memiliki ahli waris, sejarawan berpikir dia lebih suka lelaki. Kita tahu dia memiliki dua hubungan lelaki yang signifikan – keduanya lebih tahan lama daripada pernikahannya.

Yang pertama adalah Hephaistion, sahabat masa kecilnya. Dan yang kedua adalah seorang kasim Persia, Bagoas. Yang menarik, Bagoas juga pernah menjadi kekasih kaisar Persia Darius, yang dijatuhkan Alexander.

Setelah kematiannya, teman masa kecil Alexander, Ptolemy, mengambil alih pemerintahan Mesir, membangun dinasti yang panjang. Untuk membuktikan legitimasinya memerintah sebagai firaun, Ptolemeus menculik tubuh Alexander.

Akhirnya dinasti Ptolemy memindahkan makam Alexander ke Alexandria. Dan hari ini para arkeolog modern masih mencarinya. Tidak ada yang bisa memastikan di mana lokasinya.

Dua harta hilang lainnya juga membuat Alexandria terkenal.

Pharos, atau mercusuar, adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno sebelum runtuh.

Ptolemy juga menciptakan Kuil Muses di Alexandria, yang menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Sebuah generasi pengetahuan hilang ketika dibakar.

Alexandria hari ini

Alexandria tumbuh menjadi kota pelabuhan yang berkembang. Selama ratusan tahun kota  itu adalah tempat kosmopolitan dengan banyak bahasa dan budaya dimana warga menganggap homoseksualitas cukup normal.

Saat ini, tempat ini tetap populer di kalangan wisatawan yang menikmati hiruk pikuk kota yang sibuk ini dan kemegahan Corniche di tepi laut yang memudar. Ini adalah salah satu kota terbesar di Afrika dan dunia Arab.

Ini adalah satu-satunya keajaiban LGBT dunia di negara yang masih mengkriminalkan homoseksualitas. Karena itu, tempat ini terpilih sebagai pharos modern – suar – untuk masa lalu yang lebih tercerahkan dan masa depan yang lebih cerah.

Monumen Peringatan bagi Persekusi Homoseksual di Bawah Nazisme, Berlin

Berlin pada 1920-an adalah salah satu tempat paling toleran di Bumi jika Anda secara terbuka gay atau lesbian.

Subkultur klub malam, bar, pertunjukan teater, dan majalah-majalah gay berkembang pesat, meskipun faktanya Jerman mengkriminalkan homoseksualitas.

Tetapi ketika Nazi berkuasa, mereka menindak. Dan pada 1935 mereka merevisi undang-undang yang membuat seks gay ilegal, Paragraf 175. Persekusi meroket hingga 10 kali lipat dari jumlah sebelumnya.

Hanya dengan ciuman, lelaki gay dapat dikebiri dan dipenjara di kamp konsentrasi. Nazi mengirim puluhan ribu orang ke kamp-kamp, ​​banyak yang tanpa pengadilan. Sebagian besar meninggal. Mereka memiliki segitiga merah muda di pakaian mereka dan para penjaga memperlakukan mereka dengan kasar.

Sementara itu Nazi juga melihat lesbian sebagai ‘anti sosial’ dan mereka mengirim mereka ke kamp juga. Kamp-kamp itu memiliki rumah bordil resmi dan sejarawan percaya bahwa para pejabat akan memaksa banyak lesbian untuk bekerja sebagai pelacur di sana.

Tentu saja, ribuan korban Nazi yang tak terhitung jumlahnya, termasuk orang-orang Yahudi, Polandia, tahanan perang Soviet, orang-orang Roma dan lawan politik, juga LGBT.

Setelah Jerman Nazi runtuh pada tahun 1945, Paragraf 175 tetap di tempatnya. lelaki gay masih berakhir di penjara. Yang mengejutkan, hakim Nazi tetap ada dan bahkan memimpin persidangan ini. Homoseksualitas tidak menjadi legal di Jerman sampai 1969.

Mengunjungi memorial

Tempat peringatan bagi Persekusi Homoseksual di bawah Nazisme adalah di Berlin dekat peringatan Holocaust utama.

Ini adalah kotak beton besar. Tetapi jika Anda mengintip melalui jendela, Anda dapat melihat film pendek tentang pasangan sesama jenis yang berciuman. Sebuah plakat terdekat menjelaskan sejarah dan bagaimana Jerman memiliki tugas khusus untuk menentang persekusi LGBT.

Desain yang dibuat oleh seniman Michael Elmgreen dan Ingar Dragset, masih memecah pendapat. Beberapa pengunjung menemukan kejanggalannya, yang lain merasa itu tidak jelas.

Namun, itu adalah salah satu dari sedikit monumen di dunia untuk memperingati generasi LGBT yang tak terhitung jumlahnya yang telah menderita persekusi. Selain sebagai peringatan bagi korban, monumen itu juga merupakan pengingat penting bahwa hak dapat mundur dan maju. (R.A.W)

Sumber:

GSN