Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seorang pelaut kawakan yang juga seorang atlet Sabreena Lachlainn bertujuan untuk menjadi transgender perempuan pertama yang berlayar sendirian, benar-benar tanpa henti, keliling dunia. 

Sabreen Lachlainn telah bermimpi sejak kecil untuk menyelesaikan catatan prestasi ini, yang hanya dicapai oleh kurang dari 100 orang. Dia juga akan menjadi transgender perempuan pertama yang melakukannya. 

“Ini akan menjadi pengalaman dan kehormatan untuk bergabung dengan legenda berlayar dan pahlawan saya – Kay Cottee, Jessica Watson, Ellen MacArthur, Isabelle Autissier, Naomi James dan Dee Caffari – dalam buku rekor karena telah menyelesaikan tantangan yang sulit seperti ini,” katanya . 

Sejak dia coming out di awal tahun 2000-an, Sabreena Lachlainn telah membuka jalan bagi para atlet transgender, tentang apa yang telah menjadi kontroversi rutin, yang paling akhir adalah peraturan pra-Olimpiade mengenai tingkat testosteron . Pada pertengahan 2000-an, Sabreena Lachlainn adalah transgender perempuan terbuka pertama yang bermain di Liga Pro Sepak Bola Perempuan Amerika yang disetujui secara nasional. Namun, dia menerima banyak pelecehan dari tim dan pelatih lawan. Sabreena Lachlainn menyatakan bahwa pelecehan itu menyebabkan dia berhenti bermain sepak bola sepenuhnya, mengakhiri karier sembilan musim yang sukses.

Namun, kemunduran itu tidak menghentikan tekadnya untuk menjadi pelopor dalam hal olahraga bagi transgender perempuan. Selama tiga tahun terakhir, dia telah berlatih untuk tantangan terbarunya dan berlayar di sekitar Danau Besar Michigan. Sabreena Lachlainn menyadari betapa sulitnya tugas ini: 

“Berlayar solo tanpa henti di seluruh dunia mungkin adalah satu-satunya tugas yang paling sulit untuk dicapai.”

Halaman crowdfundingnya menjelaskan secara lebih rinci kesulitan yang mungkin dia temui: “Solo Sailing adalah upaya berbahaya yang membutuhkan fokus total dan komitmen yang tak tergoyahkan sejak Sabreena melepaskan ikatan dari dermaga sampai dia dengan aman ditambatkan kembali ketika dia pulang. ”

Salah satu motivasi utamanya adalah untuk menyampaikan pesan dukungan dan motivasi kepada komunitas transgender dan untuk menginspirasi orang lain seperti dia untuk mewujudkan impian mereka.

“Jika saya bisa melakukannya, saya ingin itu menjadi pesan untuk komunitas saya. Segala sesuatu mungkin terjadi jika Anda memiliki impian dan bersedia bekerja keras untuk mencapainya.

Sayangnya, pengalaman coming out Sabreena Lachlainn tidak sepenuhnya bahagia. Setelah menyadari identitas gendernya yang sebenarnya pada usia yang sangat muda, dia berjuang dengan mengenali implikasi identitasnya selama lebih dari 30 tahun. Tumbuh di kota pedesaan yang berpenduduk hanya 400 orang, dia merasa tidak bisa berpaling kepada siapa pun untuk mengurangi kebingungannya. 

“Saya tidak tahu apa yang saya hadapi, tidak mengerti mengapa saya merasakan hal yang saya lakukan,” katanya.

“Tapi aku ingat berdebat dengan ibuku bahwa aku adalah seorang perempuan dan dia bersikeras aku lelaki.”

Dia mulai transisi pada tahun 2001, setelah bercerai baik-baik dengan istrinya Gloria.

“Setelah 13 tahun menikah Gloria mengajak saya duduk, memegang tangan saya dan menatap mata saya dan mengatakan bahwa dia mencintai saya, bahwa dia tahu saya harus bertransisi untuk menyelamatkan hidup saya tetapi dia tidak bisa melanjutkan sebagai istri saya karena dia tidak bisa menikah dengan seorang wanita, maka pada tahun 2001 kami berpisah. ”

Namun, keluarga besar Lachlainn tidak begitu mendukung, menolak untuk berbicara dengannya selama 13 tahun setelah dia coming out kepada mereka pada Malam Tahun Baru 2002. “Itu adalah mimpi buruk yang tidak akan saya harapkan dari jiwa yang masih hidup,” katanya.

Sponsor adalah bagian penting dari apa yang ditetapkan sebagai perjalanan epik, karena pelayaran solo tanpa henti adalah upaya yang mahal. 

“Untuk mencapai impian saya, sponsor sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan saya,” katanya, dengan menyebutkan dukungan publik sebagai cara untuk menjaga harapannya tetap tinggi. Setiap sponsor akan memiliki nama mereka diukir ke perahu yang dipakai oleh Sabreena Lachlainn mengelilingi dunia. (R.A.W)

Sumber:

GCN