Search
Close this search box.

[divider] [/divider] SuaraKita.org – Sebuah buku komik tentang romansa sesama jenis muncul sebagai pemenang terbesar pada upacara Golden Comic Awards ke-10 di Taipei, sebuah penghargaan nasional tertinggi untuk komik di Taiwan.

“Pink Ribbon” (粉紅 緞帶) yang dibuat oleh komikus Taiwan dengan nama pena Monday Recover (星期一回收日) meraih hadiah utama – Comic of the Year – dan penghargaan Komik Terbaik untuk Remaja Putri, pada penghargaan komik tahunan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan Taiwan.

Buku komik, yang merupakan nominasi pertama penulis dalam penghargaan adalah tentang percintaan antara dua gadis remaja yang bertemu di sebuah karnaval, katanya kepada wartawan setelah upacara.

“Inspirasi awal untuk alur cerita didasarkan pada pengalaman pribadi di mana saya bertemu seseorang yang meninggalkan kesan mendalam pada saya dan membuat saya ingin mencari dan menemukan orang itu lagi,”

Alasan lain untuk membuat komik berdasarkan hubungan lesbian, katanya, adalah karena dia merasa komik itu saat ini kurang terwakili dalam genre komik.

“Saat ini tidak banyak komik komersial tentang romansa sesama jenis, jadi saya memutuskan untuk membuatnya dengan harapan bahwa industri akan mulai menerbitkan semua jenis komik,” katanya.

Beberapa karyanya termasuk “Love of Sandstorm,” sebuah komik yang terbit tahun 2016 yang diadaptasi dari serial televisi komedi romantis dengan nama yang sama, di samping seri pendidikan “The Basics of Food,” yang dicetak dalam Future Children setiap bulan mulai Februari 2018 hingga Maret 2019.

Penghargaan Kontribusi Khusus diberikan kepada Yu Lung-hui, untuk menghormati karya-karyanya yang berpengaruh dalam genre komik seni bela diri dari tahun 1960 hingga awal 1970-an.

Yu Lung-hui mendapatkan ketenaran untuk komik seni bela diri tahun 1962 “Hatred Divides the Dabie Mountains”, dan terus menerbitkan lebih dari 200 buku komik selama 13 tahun ke depan.

Beliau juga menjabat sebagai wakil editor di Never Forget Publishing, serta editor dan konsultan untuk penerbit lainnya termasuk Zhiming, Taizi, dan New Youth.

Penghargaan Artis Komik Baru Terbaik diberikan kepada kartunis Wu Yu-shi untuk buku komiknya “Ocean-colored Polari”, sedangkan Komik Terbaik untuk Remaja Lelaki diberikan ke “The Lord of Master-Li Bai (5)” karya Yeh Ming-Hsuan.

Penghargaan Editor Terbaik dimenangkan oleh Hung Yawen untuk upayanya dalam “Here Alone: ​​Inside Chen Uen World”, sebuah penghargaan untuk almarhum seniman komik Taiwan Chen Uen, yang merupakan warga negara asing pertama yang memenangkan Penghargaan Asosiasi Kartunis Jepang pada tahun 1991 untuk karyanya “Heroes of the East Chou Dynasty.”

Penghargaan Aplikasi Lintas Media Terbaik diberikan kepada “Scrolls of a Northern City” oleh AKRU, sedangkan penghargaan Koleksi Komik Strip Terbaik dimenangkan oleh Ao You-Xiang untuk “Chili Dog and Wild Cat: Ao You-Xiang’s Life with Comics”.

Sementara itu, Komik Terbaik untuk Anak-anak jatuh kepada “The Cat and Nini Having Fun Together” oleh Tsui Li-Chun, sedangkan Komik terbaik untuk Dewasa Muda dimenangkan oleh komin berjudul  “The Actor Vol.2 ” karya komikus HOM.

Penghargaan tersebut dimulai pada 2010 untuk mengakui kontribusi khusus yang dibuat oleh orang-orang di industri penerbitan komik Taiwan, selain mendorong produksi komik yang luar biasa dan kreatif. (R.A.W)

Sumber:

TWnews