Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah laporan baru telah mengungkap diskriminasi oleh rezim Islamis Qatar yang menargetkan orang – orang Israel , Mesir, dan LGBT menjelang Piala Dunia FIFA 2022.

Laporan ini menimbulkan pertanyaan serius tentang apakah Qatar dapat mematuhi Kode Etik FIFA, asosiasi sepak bola internasional  yang mengatur satu acara kompetisi olahraga terbesar di dunia, yang diadakan setiap empat tahun.

Cornerstone Global Associates, sebuah perusahaan konsultan Inggris terkemuka, mencatat dalam laporan setebal 12 halaman, “FIFA World Cup 2022: Reputational risk and sponsorship,”  bahwa “melarang penggemar berdasarkan kebangsaan adalah pelanggaran yang jelas terhadap Kode Etik FIFA.”

“Pada Juni 2019, warga Israel tidak dapat mengajukan visa untuk mengunjungi Qatar. Situs web resmi Qatar tidak mencantumkan Israel sebagai negara tempat visa dapat diajukan, apalagi masuk bebas visa, ”tulis Cornerstone.

Menurut laporan itu, Akbar al Baker, CEO Qatar Airways, mengatakan pada Mei bahwa Qatar tidak akan mengeluarkan visa untuk “musuh-musuhnya.”

Akbar Al Baker mengacu pada orang Mesir.

Sekutu rezim Iran, Qatar saat ini menjadi subjek embargo diplomatik dan ekonomi oleh Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Qatar mengkriminalkan homoseksualitas, dengan International Lesbian, Gay, Bisexual, Trans and Intersex Association (ILGA) mencatat bahwa pasal 258 dari KUHP Qatar memberlakukan hukuman penjara tujuh tahun untuk hubungan gay yang melibatkan persetubuhan.

Memang, undang-undang pidana Qatar menyatakan bahwa individu dapat dijatuhi hukuman penjara karena “memimpin, menghasut atau merayu seorang lelaki dengan cara apa pun untuk melakukan sodomi.”

Kedutaan Qatar di Washington dan kementerian luar negerinya tidak segera menjawab pertanyaan melalui email atau panggilan telepon dari kantor berita Fox News.

Kepala tim penawaran Piala Dunia 2022, Hassan al-Thawadi, sebelumnya membela undang-undang homoseksualitas negaranya. Pada 2013, ketika ditanyai oleh seorang lelaki gay apakah homoseksual akan diterima di turnamen, ia mengatakan bahwa tidak akan ada masalah selama para pengunjung menghormati pandangan negara tersebut pada tampilan kasih sayang di depan umum.

Dan ketika ditanya pada 2017 apakah orang Israel akan diterima, apakah tim tersebut memenuhi syarat untuk turnamen, ia berkata: “Semua orang dipersilakan. Ini jawaban sederhana: semua orang dipersilakan.”

Ghanem Nuseibeh, pendiri Cornerstone Global Associates yang berbasis di London, memperingatkan bahwa ada risiko yang muncul dari etika FIFA yang tidak sesuai dan hukum Qatar.

“Kecuali jika perbedaan antara keduanya direkonsiliasi, risiko tetap terbebankan kepada sponsor. Sponsor mungkin menemukan diri mereka dalam situasi di mana mereka tampaknya mempromosikan nilai-nilai yang bertentangan dengan apa yang mereka nyatakan di depan publik tentang apa yang mereka perjuangkan,” kata Ghanem Nuseibeh.

“Adalah kepentingan FIFA, para sponsor dan Qatar SC untuk memastikan perbedaan-perbedaan itu direkonsiliasi; jika tidak, mereka semua bisa berakhir dalam situasi yang sangat memalukan ketika 2022 mendekat. Waktu hampir habis dan situasi seperti saat ini tidak berkelanjutan,” dia menambahkan.

FoxNews.com menghubungi sponsor FIFA untuk komentar mengenai tuduhan diskriminasi terhadap Israel, Mesir dan LGBT.

Claudia Lange, kepala hubungan media untuk Adidas, mengatakan: “Kami menganggap olahraga sebagai platform untuk keadilan dan saling menghormati. Kami sepenuhnya mendukung segala upaya untuk menjadikan [sepak bola] ruang di mana semua individu diterima sepenuhnya dan dapat menjadi diri mereka sendiri untuk menjadikan olahraga ini permainan setiap orang. Kami akan melanjutkan pekerjaan kami yang berdedikasi dengan Human Rights Campaign dan semua mitra bisnis kami untuk mempromosikan dunia yang menerima dan beragam. “

David Fitzpatrick, juru bicara Hyundai Motor Company Korea Selatan, mengatakan ia meneruskan pertanyaan FoxNews.com “kepada rekan-rekan kami di tim Global PR.”

Coca-Cola dan Visa tidak menanggapi berbagai pertanyaan dari situs berita FoxNews.com.

Sistem keuangan Qatar berada di bawah mikroskop karena dugaan kejahatan keuangan dan hubungan dengan organisasi teroris yang diklasifikasikan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Pemerintah Inggris telah membuka penyelidikan ke Qatari Al Rayan Bank yang berbasis di Inggris.

Times of London, yang pertama kali melaporkan tentang penyelidikan terhadap Al Rayan minggu lalu, menulis bahwa bank memberi tahu para pemegang sahamnya tahun ini bahwa proses dan kontrol “anti pencucian uang [anti-money laundering/AML] telah ditempatkan di bawah tinjauan resmi oleh Otoritas Perilaku Keuangan, yang telah mengarah pada investasi berkelanjutan dalam proses AML yang ditingkatkan. “

Seorang juru bicara Al-Rayan mengatakan: “Bank Al Rayan tidak, tidak pernah, dan tidak akan pernah mendukung organisasi, individu atau peristiwa yang mempromosikan pandangan atau ideologi yang ekstrem atau keras.”

Namun, laporan Cornerstone kedua mencatat bahwa diskusi rahasia dengan para pejabat di setidaknya dua ibukota besar Eropa telah mengkonfirmasi tinjauan internal yang sedang berlangsung dari beberapa operasi beberapa lembaga keuangan Qatar.

Pada akhirnya laporan tersebut menyimpulkan bahwa “Ada risiko lembaga Qatar menangguhkan atau menarik diri dari operasi di Eropa, untuk menghindari rasa malu karena sanksi oleh otoritas Eropa”. (R.A.W)

Sumber:

FOXnews