Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Negara bagian Washington bisa menjadi negara bagian Amerika  ke-17 yang menambahkan opsi gender non-biner X ke lisensi mengemudi dan dokumen identitas nasional lainnya.

Perubahan itu akan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Washington sejalan dengan akta kelahiran di negara bagian itu, yang pada Januari 2018 menambahkan opsi X bagi mereka yang tidak mengidentifikasi sebagai lelaki atau perempuan.

Perubahan aturan yang memungkinkan penanda gender X pada SIM mengemudi diusulkan awal tahun ini.

Gubernur negara bagian Washington Jay Inslee mengatakan dalam sebuah pernyataan online bahwa perubahan peraturan adalah “langkah terbaru dalam upaya negara untuk hak-hak inklusi.”

“Langkah terakhir, besar dari proses tersebut terjadi pada bulan Agustus ketika DOL [Department of Licensing/Departemen Perizinan] mengadakan serangkaian audiensi publik,” kata Inslee, menambahkan bahwa perubahan dapat diimplementasikan “paling cepat Oktober.”

“Sangat penting bagi pemerintah kita untuk memasukkan sebanyak mungkin orang sehingga orang-orang benar-benar merasa menjadi bagian dari masyarakat, dan bahwa mereka dilihat dan didengar,” kata Elayne Wylie, direktur eksekutif Gender Justice League.

“Kami menangani kekerasan yang dialami orang-orang karena menjadi diri mereka yang paling otentik,” kata Elayne Wylie. “Kami sedang membahas … diskriminasi yang masih ada pada 2019 hanya untuk … menjadi trans dan berusaha menjadi karyawan, atau untuk mendapatkan pekerjaan, atau untuk mencari perumahan, atau untuk mengakses layanan kesehatan.”

Teresa Berntsen, direktur DOL Washington, mengatakan, “Identitas adalah hak asasi manusia yang fundamental.”

“Kami, melayani setiap penduduk Washington. Dan SIM atau KTP yang dikeluarkan negara adalah dokumen identifikasi utama Anda. Jadi dengan kami mengakui ada lebih dari dua bentuk gender, kami mengakui hak asasi manusia yang mendasar, ”kata Teresa Berntsen.

Opsi gender non-biner ditambahkan ke SIM Pennsylvania

Jika negara bagian Washington meloloskan perubahan peraturan pada bulan Agustus, negara itu akan bergabung dengan Pennsylvania dan 15 negara bagian AS lainnya dalam menawarkan penanda gender netral-gender pada dokumen resmi negara.

Pennsylvania menjadi negara bagian AS terbaru yang menawarkan opsi X dalam SIM pada 1 Agustus kemarin. (R.A.W)

Sumber:

Pinknews