Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Alex Jürgen, seorang aktivis interseks dalam siaran pers dari kelompok HAM Austria Lambda, menerima dokumen yang mengakui gender ketiga pada Selasa (14 Mei) lalu.

Aktivis berusia 42 tahun itu telah berjuang agar gender non-binernya diakui secara tepat dalam dokumen resmi.

Paspor Alex Jürgen sekarang menampilkan “X” sebagai penanda gender, sedangkan akta kelahirannya menggunakan istilah “divers,” yang dapat secara kasar diterjemahkan dari Jerman sebagai “lain-lain” atau “lainnya.”

Opsi gender ketiga yang diakui oleh Mahkamah Konstitusi Austria

Mahkamah Konstitusi Austria memutuskan pada bulan Juni bahwa warga negara memiliki hak untuk memiliki identitas gender mereka secara akurat tercermin dalam dokumen resmi, yang memungkinkan lebih dari sekadar opsi “lelaki” atau “perempuan”.

Untuk akta kelahiran, pengadilan menyatakan bahwa istilah ms “inter,” “open” dan “divers” dapat diterima, tetapi Menteri Dalam Negeri Austria Herbert Kickl memutuskan pada bulan Desember bahwa pencatatan sipil hanya menggunakan istilah  “divers”  untuk mengidentifikasi opsi gender ketiga, yang hanya dapat diakui ketika individu memperlihatkan sertifikat dari panel dokter yang membuktikan interseksualitas mereka.

Alex Jürgen, yang ingin memiliki istilah “inter” pada akta kelahirannya, akan kembali ke pengadilan untuk menegakkan hak ini.

“Kami senang dengan penerbitan dokumen bersejarah pertama yang mensertifikasi jenis kelamin ketiga,” kata presiden Lambda Dr. Helmut Graupner, yang memberi arahan kepada Alex Jürgen selama perjuangan melalui hukum. Dia juga menuduh Menteri Dalam Negeri Austria Herbert Kickl memerintahkan kantor catatan sipil “untuk melanggar hukum” dalam membatasi pilihan terminologi dalam dokumen.

Namun, dokumen yang diterima Jürgen merupakan sesuatu yang bersejarah pertama bagi Austria, dan sesama aktivis interseks mengucapkan selamat kepada Alex Jürgen atas pencapaian tersebut.

Tinou Ponzer, dari Association of Intersex People Austria (VIMÖ), mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami mengucapkan terima kasih dan selamat dengan sepenuh hati kepada panutan kami yang berani dan sesama aktivis!” .

Gabriele Rothuber, Perwakilan Intersex dari HOSI Salzburg, menambahkan: “Kami sangat senang dengan Alex Jürgen, yang merevolusi catatan vital Austria bersama dengan pengacaranya Dr. Graupner.” (R.A.W)

Sumber:

pinknews