Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Selama beberapa dekade terakhir, perlindungan terhadap orang-orang LGBT dan semua orang dengan beragam orientasi seksual, identitas gender, dan ekspresi atau karakteristik seks telah berkembang pesat. Kemajuan ini layak untuk dirayakan, dan inilah sebabnya 17 Mei juga, dan mungkin yang terpenting, adalah hari untuk perayaan.

Tetapi di banyak tempat di seluruh dunia, orang-orang LGBT masih menghadapi ketidakadilan dan hidup dalam ketakutan dan bahaya, seperti yang nyata dalam kasus Tanzania baru-baru ini.

Laporan global ILGA terbaru tentang homofobia yang disponsori negara memuat 72 negara yang masih mengkriminalisasi hubungan seksual sesama jenis. Di 45 negara dalam daftar tersebut, undang-undang ini berlaku untuk perempuan dan juga lelaki. Banyak negara lebih membatasi kebebasan berbicara tentang gender dan keragaman seksual, atau menempatkan bentuk tekanan hukum lainnya.

Di sisi lain, hanya 63 Negara yang menyediakan beberapa bentuk perlindungan anti-diskriminasi dan di beberapa tempat, kemajuan awal dalam menegakkan kesetaraan dan keadilan telah diikuti oleh regresi.

Inilah sebabnya mengapa lebih banyak reformasi hukum dan kebijakan diperlukan untuk memastikan Keadilan dan Perlindungan bagi semua orang LGBT.

Tetapi mereka sendiri tidak dapat melakukan segalanya. Sementara iklim sosial di beberapa tempat menjadi lebih baik selama bertahun-tahun, membuat orang merasa lebih aman di masyarakat mereka, namun di tempat lain kekerasan, termasuk pembunuhan, dan stigma telah meningkat. Rezim otoriter dan fasis sedang bangkit dan mengancam Hak Asasi Manusia dan Kebebasan Fundamental dan kita menyaksikan peningkatan yang mengkhawatirkan dalam upaya untuk membangkitkan kepanikan moral dan untuk mengkambinghitamkan orang-orang LGBT. Dan orang-orang dengan identitas atau ekspresi gender yang beragam masih menjadi target utama kekerasan sosial dan ketidakadilan.

Pada tanggal 17 Mei, individu, organisasi, institusi, perusahaan, dll. Akan berbicara menentang fobia LGBT, melanjutkan perjalanan kolektif kita menuju masyarakat yang menjamin keadilan dan perlindungan bagi semua. Di dunia yang adil, tak seorang pun akan tertinggal! (R.A.W)

Sumber:

may17