Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pengadilan Konstitusional Rumania telah memutuskan bahwa pasangan sesama jenis harus memiliki hak untuk kehidupan pribadi dan keluarga, dan bahwa mereka harus memiliki “pengakuan hukum dan yuridis atas hak dan kewajiban mereka.”

Teodora Ion-Rotaru, anggota kelompok LGBT Rumania Accept memuji putusan itu, dia mengatakan: “Dikatakan bahwa pasangan sesama jenis harus memiliki hak hukum yang sama dengan heteroseksual. Pengadilan mengatakan bahwa keluarga sesama jenis layaknya seperti keluarga heteroseksual. ”

Dia menambahkan bahwa putusan itu “sangat penting.”

Namun, terlepas dari keputusan ini, Rumania akan melakukan pemilihan suara apakah akan melarang pernikahan sesama jenis secara konstitusional. Rencana referendum diumumkan tahun lalu , dan pemungutan suara akan berlangsung mulai 6-7 Oktober.

Banyak kelompok hak asasi manusia seperti Amnesty International dan European Commission on Sexual Orientation Law mengkritik rencana untuk referendum, mengatakan bahwa hal itu memupuk homofobia

Apa pun keputusannya, Liviu Dragnea, Presiden Chamber of Deputies of Romania, telah berbicara dalam dukungan untuk memperkenalkan kemitraan sipil untuk pasangan LGBT.

“Saya ingin agar kami membahas peluang untuk melegalkan kemitraan sipil. Saya meminta Victor Negrescu (Menteri Urusan Eropa) untuk bertemu dengan LSM-LSM yang mewakili minoritas ini agar bisa meloloskan undang-undang yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini, ”katanya.

Dia juga menambahkan bahwa Rumania tidak dapat “berpura-pura bahwa minoritas ini tidak ada.”

Florin Buhuceanu, pimpinan organisasi Accept memuji rencana untuk kemitraan sipil, mengatakan: “Peraturan situasi hukum untuk pasangan sesama jenis sangat penting dan akan mengakhiri penderitaan anggota masyarakat di saat-saat paling sulit dalam hidup.

“Selain itu, kemitraan sipil berarti mengakui bahwa orang-orang dalam komunitas dapat menikmati hak yang sama dalam masyarakat, berdasarkan kontribusi mereka terhadap kesejahteraan Rumania sebagai warga negara.” (R.A.W)

Sumber:

gaytimes