Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Individu LGBT dan lainnya di Asia Selatan berada pada titik peningkatan risiko HIV dan masalah kesehatan akibat kekerasan karena seksualitas atau gender mereka.

Sebuah laporan PBB baru merinci dampak kekerasan berdasarkan orientasi seksual, identitas dan ekspresi gender (Sogie) pada lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL) dan transgender perempuan.

Laporan ini merinci diskriminasi dan kekerasan yang meluas dalam keluarga, sekolah, tempat kerja, dan perawatan kesehatan. Laporan ini juga merinci bagaimana diskriminasi menempatkan individu pada risiko tinggi HIV, masalah kesehatan, dan masalah kesehatan mental.

“Meskipun ada tren yang terdokumentasi dengan baik di beberapa wilayah di dunia, kurang diketahui tentang kekerasan berbasis Sogie, risiko HIV dan kesehatan mental di antara kelompok minoritas seksual dan gender di Asia Selatan,” jelas Valerie Cliff dari United Nations Development Programme.

Laporan itu mencakup orang-orang yang tinggal di Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Berjudul  Know Violence, laporan ini dirilis oleh UNDP, bekerjasama dengan International Center for Research on Women (ICRW) dan Yayasan APCOM.

“Ada kebutuhan mendesak untuk memahami dampak dan kompleksitas kekerasan yang dihadapi oleh lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki dan transgender,” kata Ravi Verma, Direktur Regional ICRW Asia di Delhi.

Laporan ini merekomendasikan lebih banyak penelitian tentang bagaimana stigma sosial, trauma, kurangnya pengakuan hukum berdampak pada risiko HIV dan kesehatan mental.

Laporan ini juga mendorong pemahaman tentang bagaimana kekerasan berbasis gender terhadap LSL dan transgender perempuan berbeda dari kekerasan hanya pada perempuan.

Homoseksual adalah ilegal di Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Pakistan, dan Sri Lanka. India mendekriminalasikan homoseksualitas pada minggu lalu dan Nepal melakukannya pada tahun 2007.

Selain itu, Nepal dan India juga satu-satunya negara yang melarang diskriminasi berbasis Sogie. Nepal, India, Pakistan, Bangladesh semua mengakui hak-hak transgender dalam berbagai tingkatan.

Temuan-temuan kunci
LSL dan transgender perempuan menghadapi pelecehan seksual di kampus, pemerasan dan pemerasan, kekerasan di tempat umum, kekerasan seksual, dan pelecehan seksual di tempat kerja

LGBT Asia Selatan dan lainnya menghadapi diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari. Ini termasuk di sekolah-sekolah, ruang-ruang agama, perawatan kesehatan, di tempat kerja, di lembaga-lembaga yang terkait dengan hukum, dan di dalam masyarakat. Secara signifikan, mereka melaporkan polisi sebagai sumber kekerasan umum.

Akibatnya, laporan itu menemukan kekerasan seumur hidup dan marginalisasi yang menyebabkan masalah kesehatan mental yang menghancurkan. LSL dan transgender perempuan menunjukkan sikap rendah diri dan keraguan diri. Banyak yang mengalami depresi atau pernah mencoba bunuh diri.

Diskriminasi dan kekerasan juga menyebabkan peningkatan HIV di antara mereka, kata laporan itu. Pada tahun 2010, prevalensi HIV di wilayah antara lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki adalah 14,7 persen. Sebaliknya, hampir satu persen dalam populasi umum. (R.A.W)

Laporan dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2018/09/Know-Violence-Exploring-the-links-between-violence-mental-health-and-HIV-risk-among-men-who-have-sex-with-men-and-transwomen-in-South-Asia.pdf”]

Sumber:

GSN

UNDP Asia Pacific