Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Federasi Sepak Bola Meksiko dijatuhi denda setelah para pendukung mereka dinyatakan bersalah karena membuat “umpatan diskriminatif dan menghina” selama kemenangan 1-0 Piala Dunia atas Jerman.

Denda sebesar 7.600 Poundsterling disahkan oleh komite disiplin FIFA setelah pendukungnya meneriakkan kata ‘puto‘ di kiper Jerman Manuel Neuer.

Puto adalah bahasa gaul homofobik di Meksiko untuk pekerja seks lelaki. Pendukung Meksiko dikecam karena meneriakkan kata di Piala Dunia terakhir pada tahun 2014 tetapi, pada saat itu, FIFA tidak mengambil tindakan disipliner.

Badan sepakbola dunia sejak itu berusaha untuk menekan kata-kata ofensif dan telah memperingatkan Meksiko bahwa pelanggaran berulang dapat mengakibatkan hukuman lebih lanjut.

Pernyataan FIFA berbunyi: “Keputusan ini disahkan setelah penilaian menyeluruh dari laporan pertandingan yang relevan, presidensi FMF dan bukti yang diberikan, termasuk video dari insiden serta contoh tindakan berkelanjutan tertentu yang diambil oleh FMF untuk meningkatkan kesadaran di antara para pendukungnya.

“Komite disiplin memberi peringatan kepada FMF, yang mungkin menghadapi sanksi tambahan jika terjadi pelanggaran berulang seperti ini.”

Javier Hernandez, pemain di tim Meksiko, telah meminta pendukung untuk menahan diri dari menggunakan umpatan tersebut. “Untuk semua penggemar Meksiko di stadion, jangan meneriakkan puto,” tulisnya di Instagram setelah kemenangan Jerman. “Jangan sampai ada risiko sanksi lain.”

Asosiasi Sepak Bola Serbia juga didenda 7.600 Poundsterling karena membentangkan “spanduk ofensif dan politis” selama kemenangan tim tersebut atas Kosta Rika. 9R.A.W)

Sumber:

independent UK