Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Menteri Kesehatan dari Kabinet Bayangan Australia Catherine King mengumumkan rencana untuk melarang praktik terapi konversi gay.

Dalam wawancara dengan The Age, Catherine King mengatakan bahwa pelarangan praktik tersebut secara nasional akan menjadi “prioritas pribadinya” jika Partai Buruh terpilih tahun depan.

“Terapi konversi gay sangat mendiskreditkan seseorang dan berbahaya,” katanya.

“Sebagai menteri kesehatan bayangan federal, saya mendesak semua yurisdiksi untuk mengikuti jejak Victoria dan melarang terapi konversi gay.

“Jika masalah ini tidak terpecahkan sebelum pemilihan berikutnya, dan saya cukup beruntung untuk melayani warga Australia sebagai menteri kesehatan, pelarangan terapi konversi gay  akan menjadi prioritas pribadi bagi saya.”

Praktik yang sangat diperdebatkan hasilnya dalam upaya untuk ‘menyembuhkan’ seseorang dengan identitas gender atau orientasi seksualnya saat ini dilarang di negara bagian Victoria tetapi sah di negara bagian lain di Australia.

Pada bulan Maret tahun ini, seorang lelaki meluncurkan sebuah petisi untuk mengakhiri praktik terapi konversi gay di Australia, dengan mengatakan bahwa praktik tersebut hampir saja membuatnya terbunuh.

Pengumuman dari Partai Buruh ini kontras dengan sebuah pernyataan baru-baru ini dari wakil Perdana Menteri Australia, Michael McCormack. Pada 19 April lalu dia mengatakan bahwa dia tidak punya sebuah pandangan dengan cara apapun mengenai terapi konversi gay.

Berbicara kepada National Press Club di Canberra, pemimpin Partai Nasional tersebut ditanya pendapatnya tentang terapi ‘penyembuhan’ gay.

“Saya akan benar-benar jujur ​​… Saya belum benar-benar melihat dengan cukup mengenai terapi konversi untuk memiliki sebuah cara pandang tentang hal tersebut,” kata Michael McCormack.

“Tentu saja saya akan melakukannya, tetapi itu bukan sesuatu yang benar-benar saya eksplorasi,” tambahnya.

Michael McCormack mengatakan bahwa dia baru “sedikit lebih dari enam minggu” menjabat dan telah melihat terlalu banyak masalah infrastruktur dibandingkan dengan memiliki waktu untuk mengkaji tentang terapi ‘penyembuhan’ gay.

Michael McCormack yang berusia 53 tahun tersebut telah berada di dalam Dewan Perwakilan Rakyat sejak 2010. (R.A.W)

Sumber:

Pinknews