Search
Close this search box.

SuaraKita.org – The Gallery of Modern Art (GoMA) mendapatkan dana hibah dari the Heritage Lottery Fund untuk sebuah proyek LGBT

The Queer Times exhibition akan mengilustrasikan 13 tahun penantian Skotlandia untuk mendekriminalisasi homoseksualitas pada tahun 1980, Pasal 28 dan dampaknya terhadap pendidikan dan kehidupan sipil di Glasgow, dan bagaimana pemahaman sejarah tersebut terkait dengan pengalaman saat ini.

Proyek ini juga menandai sejumlah peringatan LGBT yang signifikan pada tahun 2018, termasuk peringatan 30 tahun peresmian Pasal 28, dan akhir dari dekriminalisasi parsial homoseksualitas di Inggris dan Wales (1967).

Panitia menjelaskan bahwa hal ini “secara paradoks menandai awal dari 13 tahun penantian Skotlandia untuk mendekriminalisasi homoseksualitas, pada tahun 1980.”

Proyek ini akan berlangsung selama 11 bulan mulai bulan depan hingga Maret 2019 – dengan acara-acara di LGBT + yang berpuncak di sebuah karya baru untuk pameran dan program publik di GoMA.

Jason E. Bowman, seniman Skotlandia dan Master of Fine Art (MFA): Pemimpin Program Seni Murni di Akademi Valand, Universitas Gothenburg, mengatakan: “Sebagai seorang seniman dan peneliti yang bekerja dengan komunitas, saya pada dasarnya percaya bahwa warisan dapat bersifat generatif tidak hanya dari konservasi dan pelestarian, tetapi kekritisan. Saya senang bahwa Heritage Lottery Fund sependapat.

“Dana ini telah memberikan dukungan keuangan yang sangat dibutuhkan untuk memungkinkan saya bekerja dengan kelompok LGBT  untuk mendalami, yang dalam sejarah kontemporer, sesuatu yang dikaburkan dan terpinggirkan dan upaya masyarakat yang telah mempengaruhi kehidupan sebelum, selama dan paska dekriminalisasi homoseksualitas tahun 1980 di Skotlandia. ”

Ajamu Ikwe-Tyehimba, seorang fotografer seni rupa dan seniman visual yang terkenal di London, berkata: “GoMA telah secara konsisten memberikan ruang layak untuk para seniman LGBT dan orang lain dalam programnya dan tidak takut untuk mendorong batas-batas dalam hal kreativitas, dan yang lebih penting , secara teoritis.

“Saya merasa senang bekerja dengan GoMA selama satu dekade terakhir dan setiap kali saya bertemu dengan GoMA, saya berharap lebih banyak galeri dan museum mengambil contoh dari mereka. Dana dari Heritage Lottery Fund ini memungkinkan pekerjaan ini berkembang lebih lanjut dan Saya menantikan After Dark meluncurkan proyek the Queer Times pada bulan Mei. ”

Pimpinan Glasgow Life,  David McDonald, mengatakan: “Saya senang bahwa GoMA telah menerima pendanaan ini dari Heritage Lottery Fund untuk melanjutkan pekerjaan penting mereka dalam membawa sejarah dan komunitas terpinggirkan ke dalam wacana seni rupa internasional.”

Proyek ini akan menghubungkan khalayak dengan narasi sejarah yang kurang terkenal tentang 13 tahun penantian Skotlandia untuk mendekriminalisasi homoseksualitas pada tahun 1980, Pasal 28 dan dampaknya terhadap pendidikan dan kehidupan sipil di Glasgow, dan bagaimana pemahaman sejarah tersebut terkait dengan pengalaman saat ini. (R.A.W)

Sumber:

Glasgowlive