Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Yance Ford telah menjadi sutradara transgender pertama yang mendapatkan nominasi Academy Award untuk kategori Best Documentary Feature.

Strong Island bercerita tentang saudara lelaki Yance Ford, Willam, yang dibunuh pada tahun 1992.

Willam Ford Jr, lelaki kulit hitam berusia 24 tahun, diduga ditembak mati oleh seorang mekanik kulit putih Mark Reilly.

William dilaporkan tidak bersenjata – namun kasus tersebut tidak pernah digelar di pengadilan.

Film debut Yance Ford, yang diproduksi oleh Netflix, menampilkan wawancara dengan keluarganya dan menunjukkan dampak dari kematian William.

Dokumenter yang sangat emosional ini membutuhkan waktu 10 tahun untuk diproduksi.

Yance Ford membuat sebuah titik dengan tidak memberikan ruang untuk pembunuh saudara lelakinya di dalam film dokumenter tersebut.

Film ini membahas ketakutan orang kulit hitam yang masih lazim di Amerika saat ini.

Slogan dalam trailer film ini adalah: “Polisi telah mengubah adikku menjadi tersangka utama dalam pembunuhannya sendiri.”

Strong Island sangat populer di kalangan penonton, dengan skor 100% dalam situs film Rotten Tomatoes pada saat publikasi.

Sebelum dirilis, film dokumenter telah mendapatkan Sundance U.S Documentary Special Jury Award untuk kategori Storytelling.

Yance Ford memposting video tentang tanggapannya terhadap nominasi di Twitter.

Setelah menerima nominasinya, Yance Ford mengatakan: “Saya pikir semua orang di luar sana harus tahu bahwa ada generasi sutradara transgender yang akan datang untuk memenangkan piala Oscar.

“Jadi ini mungkin yang pertama, tapi jelas bukan yang terakhir.”

“Hal yang sangat menarik bagi saya ketika saya memikirkan bahwa film ini adalah koreksi catatan sejarah kehidupan saudara lelaki saya,” lanjut Yance Ford.

Contoh pengakuan terhadap transgender di Hollywood ini muncul beberapa hari setelah aktris dan aktivis transgender, Laverne Cox, menjadi  transgender pertama yang menghiasi sampul majalah Cosmopolitan.

Timothée Chalamet juga telah dinominasikan untuk Academy Award karena perannya sebagai gay dalam film Call Me By Your Name, Timothy masuk sebagai nominasi setelah dia absen di Golden Globe Awards pada awal bulan ini.

Acara penghargaan Academy Awards akan berlangsung pada tanggal 4 Maret. (R.A.W)

Sumber:

Pinknews