Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Beberapa pasangan LGBT membiarkan orang-orang masuk ke dalam hubungan mereka. Mereka berharap dapat dijadikan sebagai panutan bagi orang lain di masyarakat.

‘Our Relationships’ adalah rangkaian serial dokumenter delapan bagian yang menggali kehidupan pasangan LGBT saat mereka membuka diri tentang hubungan mereka. Mereka berbicara tentang apa yang sesuai untuk mereka, tantangan apa yang mereka hadapi dan bagaimana mereka mengatasi tantangan ini.

Dokumenter mini ini dibuat untuk membahas tingkat kekerasan dalam rumah tangga di komunitas LGBT dan untuk mendukung individu-individu LGBT yang telah mengalami pelecehan.

Dirilis oleh the Domestic and Family Violence (DFV) Project yang merupakan salah satu bagian dari organisasi kesehatan LGBT di Australia, ACON.

ACON memutuskan untuk membuat serial dokumenter ini setelah hasil survei secara daring pada tahun 2016 menunjukkan bahwa banyak partisipan yang tidak memiliki panutan dalam sebuah hubungan positif. Banyak peserta survei juga membantu kurangnya visibilitas dari panutan LGBT secara lebih umum.

Mengakhiri kekerasan dalam rumah tangga dan keluarga LGBT

Diluncurkan minggu ini, serial tersebut berusaha memberi pasangan LGBT orang-orang yang dapat diandalkan dan dapat diakses yang dapat berperan sebagai panutan dalam menciptakan praktik hubungan yang lebih sehat, membantu memperbaiki hubungan dan kesejahteraan secara keseluruhan, mendorong ketahanan, mentransmisikan nilai positif dan keyakinan, dan menghasilkan rasa positif dari harga diri untuk individu dan masyarakat.

‘Our Relationships’  menampilkan 15 individu dan delapan hubungan yang berbeda. Menceritakan kisah mereka, masalah mereka dalam kehidupan dan apa yang mereka lakukan untuk mengatasi masalah mereka.

Dengan berbagi tentang perjalanan unik hidup mereka, ACON berharap agar anggota komunitas LGBT dapat memahami seperti apa hubungan yang sehat.

“Kekerasan  dalam rumah tangga dan keluarga tetap merupakan masalah kesehatan yang signifikan bagi masyarakat kita dengan satu dari tiga individu LGBT di NSW (New South Wales) mengalami kekerasan rumah tangga dan keluarga dalam hubungan mereka saat ini atau sebelumnya,” kata CEO ACON Nicolas Parkhill.

Dia mengatakan bahwa penggambaran positif tentang LGBT akan meningkatkan kesadaran akan keberagaman hubungan sehat yang ada di komunitas LGBT. Hal ini juga akan mendorong mereka yang membutuhkan dukungan untuk mencari bantuan dan informasi.

“Kami melanjutkan usaha kami untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan kampanye, layanan dan program yang mendukung kelompok LGBT yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan keluarga,” kata Nicolas Parkhill.

“Kami berharap bahwa model peran dalam serial ‘Our Relationships’  dapat membantu orang-orang yang memiliki hubungan dengan elemen bermasalah. Mereka dapat menjadi faktor penting dalam mengurangi risiko dan meningkatkan faktor pelindung bagi orang di sekitar mereka.

Serial dokumenter mini dapat ditemukan di media sosial dan juga di situs DFV, Say It Out Loud.

Situs web ini menyediakan informasi, dukungan dan sumber daya untuk mengatasi penyalahgunaan dalam hubungan LGBT serta informasi tentang hubungan yang sehat dan tips tentang bagaimana memperbaiki hubungan. (R.A.W)

Sumber:

GSN