Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Musisi dan aktivis Annie Lennox berbicara tentang kampanye SING, yang dia dirikan pada tahun 2007 untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak HIV yang terus berlanjut, terutama pada perempuan dan anak-anak. Kampanye tersebut juga membantu mengumpulkan dana bagi organisasi akar rumput yang mendukung usaha tersebut.

Annie Lennox adalah salah satu dari duo penyanyi pop-rock ikonik tahun 1989, dan melalui masa jayanya bersama grup dan juga sebagai artis solo, dia menjual lebih dari 80 juta album, menjadikannya salah satu musisi terlaris di dunia.

Saat ini, Annie Lennox mencurahkan perhatiannya pada kegiatan aktivisme. Dia mengatakan, awal mula kampanye SING muncul setelah perjalanan yang mengesankan 2003 ke Afrika Selatan di mana dia mendengar Nelson Mandela berbicara mengenai masalah HIV.

“Dia (Nelson Mandela)  menggambarkannya sebagai genosida yang mempengaruhi perempuan, anak-anak dan ibu-ibu, dan saya pikir ada kebisuan  yang hebat seputar genosida ini karena saya tidak mengetahuinya,” kenangnya. Selama perjalanan, dia menyaksikan secara langsung bagaimana HIV mempengaruhi ibu dan anak. “Saya melihat banyak hal yang sangat mengejutkan, dan ketika Anda melihat semua ini, keseluruhan paradigma Anda bergeser, dan Anda juga memutuskan untuk melupakan atau Anda memutuskan ingin melakukan sesuatu,” tambahnya.

“Saya memutuskan untuk mulai menjadi advokat dan aktivis, dan saya memutuskan untuk mengumpulkan dana, jadi saya berkeliling dunia untuk mengadakan konser, mengumpulkan dana untuk diberikan kepada organisasi di tingkat akar rumput,” jelas Annie Lennox. “Saya berpikir di awal Kehidupan ketika seorang ibu melahirkan bayi dan dia HIV-positif, yang ingin Anda lihat adalah bayi HIV-negatif dan ibu menjalani perawatan sehingga dia bisa hidup dan memiliki kehidupan yang sehat. Jadi jika dia memiliki anak lain, dia bisa hidup untuk membesarkan anak-anaknya. Saya akan berpikir itu adalah semacam hak asasi manusia yang mendasar. Begitulah cara saya melihatnya, dan itulah asal muasal saya menemukan ide kampanye SING di tahun 2007 dan seterusnya, kemanapun saya pergi, kemanapun saya mengumpulkan uang, saya berbicara dengan Anda – ini adalah bagian dari kampanye SING.”

“Apa yang sebenarnya ingin kita lakukan adalah mencegah orang terinfeksi HIV terlebih dahulu,” lanjut  Annie Lennox. “Kami memiliki program pencegahan dan berhasil, tapi yang tidak kami miliki adalah vaksin untuk mencegah orang terkena virus dan kami tidak memiliki penyembuhnya, jadi kami berada dalam keadaan bimbang. Sebenarnya lebih mudah berkampanye pada saat krisis sampai di titik didih yang mengerikan. Dulu sangat terlihat ketika ribuan orang berada dalam keadaan sekarat dan itu sebelum orang bisa mendapatkan akses terhadap pengobatan. Sekarang situasi yang berbeda dan Anda hampir akan berpikir bahwa HIV dan AIDS telah hilang, tapi bukan itu masalahnya, masih banyak yang harus dilakukan. “

Saat ditanya bagaimana masyarakat bisa membantu kampanye penanggulangan HIV, Annie Lennox menjawab, “Lakukan tes HIV. Ketahui status HIV Anda dengan tanpa memandang siapa Anda, seberapa kaya Anda dan seberapa aman hubungan seks yang Anda kira sudah Anda lakukan.” (R.A.W)

Sumber:

hivplusmag