Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seorang transgender perempuan baru saja menjadi walikota pertama yang terpilih di Kanada.

Julie Lemieux juga merupakan walikota wanita pertama di sejarah kota Montreal Très-Saint-Rédempteur selama 136 tahun.

Banyak pendukung walikota baru mengatakan bahwa mereka tidak memikirkan fakta bahwa Julie Lemieux adalah seorang transgender saat memberikan suara untuknya.

Menurut sebuah laporan oleh CBC, penduduk kota Très-Saint-Rédempteur, yang merupakan rumah bagi 900 orang, mengatakan bahwa mereka “menginginkan perubahan”.

Salah satu pendukung Julie Lemieux mengatakan dia yakin keputusan kota tersebut adalah “tanda sikap keterbukaan”.

Dia menambahkan: “Saya pikir ini membuka pintu bagi siapa saja yang merasa berbeda dalam masyarakat”.

“Tidak masalah siapa Anda – jika Anda ingin melakukan sesuatu maka Anda harus melakukannya.”

Julie Lemiuex mengatakan bahwa kemenangannya “bukanlah awal dari sebuah gerakan, tapi hasil kerja bertahun-tahun oleh banyak orang untuk membangun toleransi di masyarakat di seluruh negeri.”

Julie Lemiuex mengatakan bahwa dia bangga menjadi transgender pertama yang terpilih, namun lebih bangga menjadi perempuan pertama.

Kota Très-Saint-Rédempteur, sebuah komunitas kecil dengan akar-akar budaya Katolik yang dalam, tampaknya telah berubah banyak sejak permulaannya.

Walikota baru tersebut mengatakan bahwa kemenangannya menunjukkan bahwa “orang-orang dari daerah pedesaan berpikiran terbuka dan tidak boleh terlihat “tidak tersentuh” hanya karena mereka tidak tinggal di kota.”

Seorang penduduk kota yang tidak mendukung Julie Lemieux menjelaskan bahwa pilihannya tidak dibuat karena kandidatnya adalah seorang transgender, dan menambahkan bahwa itu adalah “sedikit masalah dalam kampanye”.

Pada 2017, Kanada telah memiliki pemegang jabatan politik LGBT di setiap provinsi selain Nunavut.

Jamie Lee Hamilton adalah seorang transgender pertama yang pernah mencalonkan diri untuk jabatan politik di Kanada, berebut kursii Dewan Kota Vancouver pada tahun 1996.

Jennifer McCreath adalah kandidat transgender pertama dalam pemilihan federal di negara ini.

Dan Julie Lemieux adalah transgender pertama yang terpilih sebagai walikota. (R.A.W)

Sumber:

pinknews