Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja membatalkan penunjukan pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe sebagai Goodwill Ambassador, menyusul kemarahan internasional.

Pada hari Rabu lalu (18/10), Tedros Adhanom, Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam sebuah pidato: ‘Hari ini saya merasa terhormat untuk mengumumkan bahwa Presiden Robert Mugabe telah sepakat untuk mengemban tugas sebagai Goodwill Ambassador untuk NCD [non-communicable diseases/penyakit tidak menular] bagi Afrika untuk mempengaruhi rekan-rekan di wilayahnya. untuk memprioritaskan NCD. ‘

Namun sekarang pengangkatan tersebut telah berubah.

Dalam sebuah pernyataan lanjutan, Tedros Adhanom berkata: Selama beberapa hari terakhir, saya telah merenungkan pengangkatan yang saya lakukan terhadap yang terhormat Presiden Robert Mugabe sebagai Duta Goodwill WHO untuk NCD di Afrika.

“Akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan penunjukan tersebut.

“Saya telah mendengarkan dengan seksama semua yang telah mengungkapkan keprihatinan mereka, dan mendengar berbagai isu yang mereka hadapi.

‘Saya juga telah berkonsultasi dengan Pemerintah Zimbabwe dan kami telah menyimpulkan bahwa keputusan ini adalah yang terbaik dari WHO.

“Saya memiliki tujuan untuk membangun gerakan global untuk kesehatan global. Gerakan ini harus bekerja untuk semua orang dan mencakup semua orang.

‘Bagi saya, yang penting adalah membangun kepemimpinan politik dan menciptakan kesatuan seputar kesehatan bagi semua orang, berdasarkan nilai-nilai inti WHO.

“Saya tetap berkomitmen untuk bekerja dengan semua negara dan pemimpin mereka untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap perawatan kesehatan yang mereka butuhkan.

“Kita harus membangun jembatan yang membawa kita bersama dan membantu kita maju dalam usaha mencapai cakupan kesehatan universal.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang telah menyuarakan keprihatinan mereka dan berbagi pemikiran mereka. Saya bergantung pada debat konstruktif untuk membantu dan menginformasikan pekerjaan yang telah saya pilih untuk dilakukan, “katanya.

Sebagai hasil dari pengumuman WHO, Anthony Costello kepala departemen kesehatan ibu dan anak WHO mengunggah cuitan: “Staf WHO senior tercengang.
“Sangat prihatin dengan dampak keputusan ini terhadap kredibilitas dan pendanaan kita,” dia memperingatkan.

Demikian pula, kolumnis New York Times Nicholas Kristant yang juga mengunggah cuitan: ‘Anda menunjuk Robert Mugabe sebagai Goodwill Ambassador WHO? Siapa diktator tua berikutnya? “

Sedangkan aktivis hak asasi manusia Hillel Neuer mengunggah cuitan: ‘Lelucon busuk PBB minggu ini: WHO menyebut tiran Mugabe sebagai duta kesehatan global. Dia menghancurkan kesehatan Zimbabwe, mendapat perawatan di luar negeri. ‘

Robert Mugabe telah menjadi Presiden Zimbabwe sejak 1987 dan telah memimpin sebuah rezim yang dianggap banyak memiliki kasus korupsi.

Selama ini, dia mengatakan beberapa hal buruk tentang individu LGBT. Pada tahun 2013, dia menjanjikan neraka bagi gay dan lesbian jika dia terpilih kembali. Dalam pidato yang sama, dia mengatakan bahwa individu gay juga harus ‘membusuk di penjara’.

Dia juga sebelumnya mengancam untuk memenggal kepala lelaki gay, dan juga ‘gadis-gadis kotor menghancurkan negara’. (R.A..W)

Sumber:
GSN