Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Apple memprakarsai emoji baru yang akan segera dirilis termasuk yang menggambarkan individu netral gender.

Emoji akan tersedia di iPhone mulai minggu depan pada “pratinjau beta publik iOS 11.1,” dan juga akan disertakan dalam pembaruan perangkat lunak lainnya, demikian pernyataan Apple di laman milik mereka.

Akan ada ratusan emoji baru yang masuk dalam pembaruan terbaru, termasuk karakter gender-netral dari berbagai ras dan usia yang berbeda.

Karena penerimaan komunitas LGBT yang semakin meningkat, khususnya  di Amerika, semakin banyak pula orang mulai mengungkapkan identitas gender mereka yang berada di luar lingkaran biner perempuan dan lelaki.

Salah satu contohnya adalah meningkatnya jumlah orang non-biner, yang juga mengidentifikasi dengan istilah seperti “gender queer” dan “agender”.

Bintang pop Miley Cyrus mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia mengidentifikasi sebagai “netral gender” pada tahun 2016, sementara Oregon dan Washington, D.C., menawarkan pilihan gender-netral  dalam Surat Izin Mengemudi.

 

Ini bukan pertama kalinya Apple memperbarui koleksi emoji yang ikonik untuk mengikuti perubahan lanskap masyarakat.

Pada tahun 2015, Apple merilis sekumpulan emoji dengan berbagai warna kulit agar sesuai dengan basis pelanggannya yang beragam, walaupun menimbulkan kontroversi dari beberapa kalangan.

Dan peluncuran emoji gender-netral terbaru memicu reaksi dari banyak orang di Twitter dengan berbagai pandangan mengenai pembaruan tersebut.

Menurut Apple, emoji  terbaru yang akan diluncurkan termasuk emoji yang memiliki bahasa isyarat, makhluk mitos seperti peri lelaki dan hewan, termasuk jerapah dan landak. Juga akan ada karakter menyusui, zombie dan gambar hati berwarna oranye, yang akan memungkinkan pengguna untuk menciptakan deretan gambar hati berwarna pelangi pelangi secara lengkap. (R.A.W)

Sumber:

Sacbee