Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sejumlah pasangan LGBT menikah di Jerman untuk pertama kalinya, dengan prosesi mengikat janji di kantor catatan sipil yang dibuka khusus untuk menandai berlakunya undang-undang yang disahkan oleh parlemen pada bulan Juni.

Di antara mereka adalah Karl Kreile (59) dan Bodo Mende(60) yang menjadi pasangan LGBT pertama yang menikah di Jerman, mengucap janji pernikahan pada hari Minggu (1/10) di balai kota di wilayah Schoeneberg, Berlin setelah 38 tahun hidup bersama.

“Yes I do,” kata Karl Kreile, diiringi tepuk tangan dari para tamu, sebelum mencium pasangannya. Mereka kemudian menandatangani surat nikah. Kemudian, para tamu merayakannya dengan kue pengantin berwarna pelangi yang dihiasi dengan slogan “Marriage for all”.

Berbicara setelah upacara tersebut, Bodo Mende meminta Jerman dan Uni Eropa untuk berbuat lebih banyak untuk mempromosikan hak-hak LGBT di seluruh Eropa. Apalagi di daerah yang lebih konservatif di Eropa timur, penerimaan terhadap LGBT masih minim.

“Kita tidak perlu melihat jauh, hanya ke negara tetangga dimana situasinya lebih mengganggu,” katanya. Sebagai contoh, di Polandia pernikahan sesama jenis masih belum diijinkan.

Sebelumnya, Bodo Mender menggambarkan kampanye untuk mencapai kesetaraan pernikahan di Jerman sebagai ” perjuangan keras selama 25 tahun”.

Parlemen Jerman menyetujui kesetaraan pernikahan pada bulan Juni setelah Kanselir Jerman, Angela Merkel memilih untuk memberikan suara sebagai masalah hati nurani, membebaskan rekan koalisi Sosial Demokratnya dan banyak koleganya yang konservatif untuk memilih.

Organisasi hak asasi manusia mengatakan lmasih ada ebih banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai kesetaraan secara penuh. Masih belum memungkinkan bagi anak-anak yang lahir dari pasangan lesbian untuk memiliki kedua orang tua sebagai ibu yang sah secara hukum. (R.A.W)

Sumber:
SBS