Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Leo Varadkar yang menjabat sebagai Taoiseach dari Irlandia pada bulan Juni, adalah salah satu dari lima kepala pemerintahan gay yang melela dalam sejarah global baru-baru ini.

Leo Varadkar dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau turun ke jalan-jalan di Montreal, Kanada, untuk merayakan parade LGBT di kota tersebut pada hari Minggu.

Acara tersebut menandai pertama kalinya seorang kepala pemerintahan atau negara asing diundang untuk ikut serta dalam perayaan tersebut.

Justin Trudeau dengan bangga melambaikan bendera transgender yang terdiri dari warnai biru, pink dan putih dan disambut dengan sorak sorai peserta parade tersebut.

Justin Trudeau menyatakan: “Dari semua yang kita rayakan di sini, di Kanada, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di seluruh dunia, dan kita perlu memperkuat dukungan kita dan berdiri bersama dengan teguh untuk mendapatkan hak, kesempatan dan nilai-nilai yang mempersatukan kita. “

Leo Varadkar adalah satu dari tiga pemimpin dunia yang melela kepada publik dan masih menjabat, bersama Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel dan Perdana Menteri Serbia Ana Brnabić. Sementara itu Justin Trudeau telah menjadi pembela setia hak LGBT sejak menjabat di bawah bendera partai Liberal.

“Saya pikir Irlandia dan Kanada memiliki banyak kesamaan,” kata Leo Varadkar.

“Kesamaan kita adalah bahwa kita merupakan negara yang mengerti bahwa keberagaman adalah sebuah kekuatan dan dengan adanya perbedaan dapat membuat kita menjadi lebih baik.”

Acara tersebut juga menandai hari pertama kunjungan tiga hari oleh Perdana Menteri Irlandia yang baru. Keduanya merekam video singkat bersama dan berbagi “kegembiraan” mereka saat menghadiri acara tersebut.

Mereka sebelumnya pernah bertemu untuk membicarakan perdagangan menjelang KTT G20 di Hamburg, tampaknya setelah pertemuan itu, kedua pemimpin tersebut menganggap diri mereka berdua sebagai kawan baik.

Ketika Justin Trudeau bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, banyak pengguna Twitter bercanda bahwa mereka –  keduanya adalah heteroseksual dan menikah dengan perempuan – tampak seperti pasangan dalam pemotretan pernikahan romantis.(R.A.W)

Sumber:

Pinknews