Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Hair Junkie, sebuah salon di Ottawa, Kanada, baru-baru ini mengumumkan bahwa pada bulan September, mereka akan mengenakan harga yang sama untuk potongan rambut lelaki dan perempuan.

Saat ini, Hair Junkie mengenakan biaya  31 Dollar Kanada sebagai harga awal untuk potongan rambut lelaki dan 41 Dollar Kanada sebagai harga awal untuk perempuan. Tapi segera, harga di salon tersebut akan netral gender.

Salon lainnya baik di Kanada maupun di Amerika Serikat telah mengambil inisiatif tersebut dan membebankan biaya kepada pelanggan berdasarkan berapa banyak pekerjaan yang telah mereka lakukan daripada jenis kelamin potongan rambut pelanggan. Salah satu contohnya adalah Kara’s Urban Day Spa di Halifax, Kanada yang mengadopsi kebijakan ini tahun lalu.

Hair Junkie adalah salon pertama di daerah Ottawa yang memiliki kebijakan harga netral gender.

Mengapa baru sekarang?

“Anda bisa melihat banyak perempuan yang memiliki rambut sangat pendek, banyak lelaki yang memiliki rambut panjang,” kata Jessie Stevens, koordinator salon Hair Junkie. “Jika Anda melakukan pekerjaan yang sama pada lelaki atau perempuan, saya pikir wajar jika harganya mencerminkan hal itu.”

Menurut Jessie Stevens, ketika harga berubah, potongan gaya tukang cukur atau potongan pendek pixie akan dimulai pada 31 Dollar Kanada sementara potongan rambut panjang atau perubahan gaya potongan rambut yang drastis akan mulai dari 46 Dollar Kanada karena pemotongan tersebut memakan waktu lebih lama. Dan tentu saja, akan ada harga tengah-tengah untuk pemotongan rambut di antara dua gaya tersebut.

Radio CBC Ottawa mengundang Jessie Stevens untuk membicarakan keputusan salon tersebut untuk memulai penetapan harga netral gender di acara pagi mereka.

“Kami mendengar lebih banyak orang bertanya, seperti, mengapa ada perbedaan dalam kisaran harga,” kata Jessie. “Kami memiliki klien transgender yang datang dan mereka hanya mengajukan pertanyaan mengapa struktur penetapan harga ini ada. ‘

“Kami telah ditanya berulang-ulang, mengapa saya dikenai harga yang lebih mahal untuk memotong rambut sementara  suami saya dikenai harga yang lebih murah untuk memotong rambutnya yang panjang,” kata pemilik Hair Junkie, Fady Assaad. “Saya pikir sekarang adalah waktunya.”

Hair Junkie mengumumkan kebijakan baru mereka kepada pelanggan mereka di Facebook .

Menurut Fady Assaad, banyak pelanggan yang sangat mendukung perubahan harga tersebut. Namun, ada beberapa reaksi negatif juga.

Fady menceritakan tentang pesan kebencian yang ditinggalkan di mesin penjawab telepon salon yang mengecam kebijakan baru mereka. Tapi Fady tidak terpengaruh. “Bahkan pelanggan kami yang berusia 60an dan 70an menunjukkan dukungan,” katanya.

Sebagai salon Ottawa pertama yang menawarkan harga netral gender, Fady Assaad mengatakan, ‘Saya terkejut tidak ada yang memikirkannya.’

‘Pelanggan akan bertaya-tanya, atau salon lain mungkin akan mendapatkan pertanyaan yang sama, “ kata Fady. ‘Anda dapat melakukan sesuatu atau tidak perlu mempedulikannya. Kami memilih untuk melakukan sesuatu.’

Fady Assaad juga mencatat bahwa kebijakan harga ini juga berpengaruh pada harga layanan pewarnaan dan perawatan rambut, bukan hanya pemotongan rambut. Pelanggan akan dikenakan biaya berdasarkan berapa lama layanan yang mereka butuhkan, bukan berdasarkan jenis kelaminnya.

‘Jika waktu adalah uang dan kita semua memberikan harga sesuai waktu, bukankah rambut tidak memiliki jenis kelamin ?,’ Fady Assaad bertanya secara retoris.

Fady Assaad juga menyebutkan bahwa karena ada kesenjangan gaji antar gender (perempuan dibayar lebih murah daripada lelaki), tidak masuk akal bagi produk dan layanan untuk perempuan memiliki harga yang lebih mahal. “Ada ketidakseimbangan dan itu tidak adil. Jika saya seorang perempuan, saya akan kecewa, “katanya.

Hair Junkie juga akan berpartisipasi dalam parade Pride Day Ottawa pada tanggal 27 Agustus mendatang. Salon tersebut kabarnya akan memiliki stan layanan dan memberikan sampel gratis dan barang lainnya selama acara berlangsung. (R.A.W)

Sumber:

GSN