Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Menandai Pride in London yang dibuka Sabtu (24/6) kemarin, dimana acara puncaknya adalah parade di jalan utama kota London pada tanggal 8 Juli yang akan datang, Dinas Transportasi London memberikan sebagian dari jaringan transportasi kota tersebut sebuah desain baru berwarna pelangi

Walikota London, Sadiq Khan meluncurkan sebuah kampanye dengan tema #loveislove.  Sadiq Khan mengatakan bahwa warga london “bebas untuk mencintai siapapun yang mereka ingin cintai dan bebas untuk menjadi siapapun yang mereka inginkan”.

“Itulah salah satu alasan mengapa kota kita dipandang sebagai suar bagi komunitas LGBT + dan memiliki pemandangan yang semarak dan berkembang – yang penuh warna, dan sangat berkontribusi bagi jiwa dalam kehidupan di kota London.

“Ketika para komuter berjalan melintasi ibu kota, mereka akan disambut dengan warna pelangi yang mendapat tempat yang berharga di stasiun bawah tanah, pemberhentian bus yang mengirimkan pesan dukungan yang kuat kepada LGBT kota London.

“Saya berharap di acara Pride in London kita dapat merayakan keberagaman ibukota dan menunjukkan bahwa London terbuka untuk semua orang, terlepas dari latar belakang, agama, ras, jenis kelamin, disabilitas, usia atau seksualitas.”

Sadiq Khan, orang Muslim pertama yang menjadi Walikota London adalah pendukung penuh hak-hak LGBT dan telah memulai tradisi baru Walikota untuk memimpin Pride Parade tahunan.

Sadiq Khan baru-baru ini sempat bersitegang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Presiden Donald Trump sebelumnya pernah menyebut Sadiq Khan “ignorant” dan “kasar” karena mempertanyakan kebijakan imigrasinya. Sadiq Khan membalas dengan mengatakan bahwa Donald Trump sedang bermain di tangan ISIS dengan retorika anti-Muslimnya. Pada sebuah kesempatan baru-baru ini Sadiq Khan mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan Donald Trump membuatnya “bungkam”. Presiden Donald Trump telah menghapus semua perayaan LGBT Pride di Gedung Putih, sementara Sadiq Khan memimpin Pride parade di London.

Sebagai bagian dari kampanye #loveislove oleh Dinas Transportasi London, plang berbentuk lingkaran dengan warna pelangi telah dipasang di Tottenham Court Road, stasiun Oxford Circus dan Piccadilly Circus Tube, dengan slogan #loveislove di atas pintu masuk Oxford Street dari stasiun Tottenham Court Road.

Lima puluh sepeda sewaan, yang dikenal penduduk lokal sebagai ‘Boris Bikes’, juga dihiasi dengan warna pelangi, sementara bendera pelangi juga akan diterbangkan dari halte bus pada hari Pride in London dimulai.

Ben Lyon, Ketua  OUTbound, TfL’s LGBT+ Staff Network Group (himpunan pegawai transportasi LGBT London) mengatakan: “Kami senang menjadi bagian dari perayaan dengan menghias jaringan transportasi dengan desain pelangi indah kami di stasiun kereta bawah tanah, halte bus dan sepeda.

“London adalah salah satu kota paling beragam di dunia dan kami sangat bangga menjadi bagian dari pesan ke dunia bahwa, apapun orientasi seksual Anda, London terbuka dan menyambut Anda.”

London telah membuat gerakan lain di tahun-tahun sebelumnya untuk merayakan kesetaraan LGBT, dimana lampu lalu lintas inklusif LGBT dipasang untuk menandai acara Pride parade tahun lalu. Transport for London juga membuat percikan warna pelangi dengan taksi dan bus bertingkat, bahkan memberi warna pelangi pada kereta api di Docklands Light Railway pada tahun 2015.

Sebagai pertanda keberagaman dan inklusivitas London, Pride in London juga menandai Ramadan sebagai bagian dari acara tahun ini. Salah satu acara dalam pembukaan acara Pride in London adalah A Big Gay Iftaar, yang oleh Pride in London dikatakan akan “mempertemukan komunitas Muslim dan LGBT + dalam acara berbuka puasa bersama “. (R.A.W)

Sumber:

Pinknews