Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Kepolisian Israel menangkap seorang lelaki berusia 20 tahun yang menyebar ajakan untuk melakukan serangan teror pada saat acara Tel Aviv Pride yang akan berlangsung 9 Juni lusa.

Tel Aviv Pride adalah acara tahunan LGBT Israel diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 200.000 orang dan menjadi acara LGBT terbesar di Israel.

Polisi membawa orang tersebut untuk dimintai keterangan. Di laman facebook-nya dia menulis “Siapa yang ingin ikut bersama saya menebar serangan teror di parade Tel Aviv Pride?”

Menurut keterangan yang didapatkan, diketahui bahwa lelaki tersebut adalah penganut Yudaisme radikal. Dia mengklaim bahwa tulisan di halaman Facebook miliknya hanya merupakan ekspresi dari rasa “bosan” yang sedang dialaminya.

Dalam upaya untuk mengamankan Tel Aviv Pride dari serangan kekerasan, pihak kepolisian Israel juga telah membuat serentetan panggilan telepon peringatan ke tokoh-tokoh ekstremis sayap kanan agar tidak membuat onar saat berlangsungnya Tel Aviv Pride setelah pengadilan menolak permintaan untuk menahan orang-orang tersebut.

Minggu lalu, polisi meminta perintah untuk menahan sekelompok ekstremis sayap kanan, namun hakim menolak langkah tersebut, dengan mengatakan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mendukungnya.

Gil Fishoff, koordinator dari Nir Katz Center for LGBT di Tel Aviv mengatakan “setiap tahun, ketika sudah mendekati waktu pelaksanaan perayaan, kami melihat meningkatnya jumlah ancaman terhadap LGBT, terutama yang mengekspresikan kebencian dan hasutan-hasutan.”

“Kami bekerja sama dengan polisi Israel untuk menyelidiki setiap kasus  kekerasan terhadap LGBT khususnya yang berhubungan  dengan peristiwa tragis pembunuhan Shira Banki di acara Jerusalem Pride.

Tahun 2015 lalu, Shira Banki dibunuh oleh ekstrimis ultra-Ortodoks Yishai Schlissel. Dia juga melukai beberapa orang lainnya. Serangan tersebut terjadi hanya beberapa minggu setelah Yishai Schlissel dibebaskan dari penjara, di mana dia telah menjalani hukuman 10 tahun atas serangan serupa pada acara parade tahun 2005.

Parade puncak perayaan Tel Aviv Pride  akan dibuka secara resmi oleh Walikota Tel Aviv Jaffa Ron Huldai. Acara tersebut akan dimulai pukul 10 pagi, dengan parade yang berangkat dari Gan Meir dan berakhir sekitar pukul 5 sore di Taman Charles Clore di tepi pantai. Jalan utama yang dilalui oleh peserta parade akan ditutup dari pukul 8 pagi. (R.A.W)

Sumber:

Times of Israel

GSN