Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Banyak transgender di Vietnam terpaksa membeli obat untuk terapi hormon secara ilegal dari Thailand dan melakukan terapi hormon tersebut sendiri ,  mereka berharap pemerintah mau membuat aturan baru bagi mereka. Terapi hormon dan operasi penyesuaian kelamin adalah tindakan ilegal di Vietnam. Banyak transgender yang terpaksa membeli obat selundupan dari Thailand.

Huynh Nha An (21) menyuntikkan hormon ke tubuhnya sendiri tanpa pengawasan medis, setiap bulan dia harus memutuskan apakah membeli obat terapi hormon atau makanan menggunakan penghasilannya yang minim. Sedangkan dosis hormon yang dia suntikkan hanya bergantung kepada saran dari teman-temannya.

Tahun 2015 Vietnam mengakui keabsahan identitas seseorang yang telah menjalani operasi penyesuaian jenis kelamin. Tapi operasi tersebut masih dilarang untuk dilakukan di Vietnam, banyak orang yang terpaksa pergi ke luar negeri untuk melakukannya. Transgender di Vietnam berharap agar negara dapat memfasilitasi mereka dari sisi hukum dan finansial.

Kini, pemerintah Vietnam sedang menyusun draf peraturan yang akan memungkinkan warga negara untuk secara resmi mengubah jenis kelamin mereka. Tapi peraturan tersebut mungkin baru berlaku ssecara efektif tahun 2019. Kementrian Kesehatan Vietnam masih keberatan untuk melegalkan terapi hormon dan operasi penyesuaian jenis kelamin sebagai bagian dalam peraturan tersebut. Mereka yang tidak atau belum menjalani terapi hormon atau operasi tidak diizinkan untuk memperbarui jenis kelamin mereka secara legal.

“Kami harus mengkaji lebih lanjut apakah fasilitas medis kami memadai untuk melakukan terapi hormon atau operasi bagi transgender” kata Nguyen Huy Quang, Kepala Bidang Hukum Kesehatan di  Kementrian Kesehatan Vietnam. Menurutnya akanada beberapa hambatan hukum serta hambatan budaya psiko-sosial dan tradisional yang harus dihadapi. (R.A.W)

Sumber:

GSN