Search
Close this search box.

SuaraKita.org – HSBC sebuah perusahaan perbankan besar di dunia meluncurkan layanan baru yang bertujuan untuk memberikan pelanggan transgender pengalaman perbankan yang lebih baik, termasuk menawarkan pilihan titel gender netral  bagi pelanggan sesuai preferensi  mereka.

HSBC mengatakan titel baru tersebut memungkinkan orang-orang yang tidak mengidentifikasi sebagai jenis kelamin tertentu, atau yang tidak ingin diidentifikasi berdasarkan jenis kelamin, untuk memilih titel yang sesuai dengan preferensi yang mereka inginkan.

HSBC telah meluncurkan 10 titel baru bagi pelanggan sebagai bagian dari penyediaan layanan yang lebih baik bagi pelanggan transgender. Titel tersebut termasuk Mx, Ind, M dan Lain-lain. HSBC mengatakan titel tersebut akan diterapkan di akun pelanggan, termasuk kartu bank mereka dan dalam kegiatan korespondensi.

HSBC juga telah merampingkan proses bagi orang-orang yang ingin mengubah jenis kelamin mereka pada rekening bank mereka. Dikatakan, pelanggan hanya perlu membawa paspor, SIM atau sertifikat kelahiran yang mendukung perubahan gender untuk memperbarui rincian mereka di kantor cabang. Para staf, baik itu di kantor cabang ataupun di Call Center  HSBC telah menjalani pelatihan untuk mendukung hal tersebut.

Kebijakan baru ini diumumkan bertepatan dengan Hari Visibilitas Transgender Internasional/ International Transgender Day of Visibility hari jum’at kemarin (31/3).

HSBC bukan bank pertama yang menawarkan titel gender netral bagi pelanggannya. Pada bulan November lalu, Metro Bank di inggris mengatakan pelanggan dan staf yang tidak mengidentifikasi diri mereka dengan lelaki atau perempuan sekarang dapat memilih non-biner sebagai pilihan saat mengisi formulir. Jadi, selain memilih pilihan seperti Tuan (Mr), Nyonya ( Mrs) atau Nona (Ms), pelanggan dan staf di Metro Bank dapat juga memilih Mx ketika memberikan titel mereka.
Sementara Royal Bank of Scotland telah menawarkan pilihan Mx sejak 2014. Mereka juga berhenti meminta pelanggan untuk menyebut nama gadis ibu kandung mereka sebagai pertanyaan keamanan. (R.A.W)

Sumber:

The Sun