Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Vietnam merayakan festival tahunan Mardi Gras untuk pertama kalinya pada pekan lalu. Diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Australia di Hanoi, festival ini membawa semangat pesta LGBT terbesar di dunia – Sydney Gay dan Lesbian Mardi Gras – ke Vietnam.

Selain mempromosikan hak-hak LGBT di Vietnam festival ini juga mengadakan kompetisi fashion, orasi oleh aktivis LGBT dan banyak pertunjukan seru yang dinamis. Acara ini dihadiri oleh LGBT yang  datang dari seluruh Vietnam.

“Meskipun ini adalah pertama kalinya saya menghadiri sebuah acara untuk komunitas LGBT, saya sangat senang karena bisa menjadi bagian dari acara ini dan ikut bersukacita bersama bersama orang-orang dalam acara ini”  kata Hoang Thanh, seorang pemuda dari Hanoi.

Selebriti yang juga pembela hak-hak transgender Ngoc Anh dalam orasinya mengatakan bahwa masyarakat harus ikut ambil bagian dalam program perubahan positif yang diharapkan mampu merubah stigma buruk bagi LGBT

Duta Besar  Australia untuk Vietnam Craig Chittick mengatakan bahwa mempromosikan kesetaraan bagi LGBT adalah prioritas utama bagi kedua negara.

“ Melalui acara ini, kami berharap untuk membawa semangat festival Mardi Gras dari Sydney ke Vietnam dan membantu meningkatkan kesadaran tentang hak-hak bagi LGBT”. Katanya.

Pemenang dari kompetisi fashion yang diadakan dalam festival tersebut akan mendapatkan hadiah berupa jalan-jalan mengunjungi festival Gay dan Lesbian Mardi Grass di Sydney tahun 2018. (R.A.W)

 

Sumber:

GSN