Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Vitit Muntarbhorn, seorang ahli HAM PBB yang ditugaskan untuk menginvestigasi tentang kekerasa n dan diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender akan melakukan penelitian di  Argentina.

Vitit Muntarbhorn mengatakan bahwa dia akan mengkaji secara mendalam terhadap kebijakan-kebijakan di negara tersebut yang berkaitan dengan tersedianya perlindungan terhadap komunitas LGBT.

“Saya tertarik dengan reformasi hukum dan kebijakan yang telah diimplementasikan di Argentina untuk melindungi orang-orang berdasarkan orientasi seksual atau berdasarkan identitas gendernya, dan juga untuk menciptakan sebuah lingkungan yang inklusif”.

Investigasi akan dimulai awal maret selama 10 hari. Vitit Muntarbhorn akan mengunjungi  kantor-kantor pemerintahan dan organisasi-organisasi LGBT di Buenos Aires, Santa Fe dan Mendoza.

“Kunjungan itu akan memungkinkan saya untuk mengidentifikasi bukan hanya praktek yang baik tetapi juga isu-isu dimana  saya akan memberikan rekomendasi konkrit untuk melawan kekerasan dan diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender”

Dewan Pengawas LGBT bentukan PBB tahun lalu terancam dihapus setelah sekelompok negara-negara di Afrika mengajukan untuk melakukan pemilihan suara agar posisi tersebut dihapus.

Upaya tersebut gagal dengan perolehan suara tipis dengan 77 negara menyetujui untuk dihapus, 84 negara menentang dan 16 negara abstain.

870 organisasi HAM dari 157 negara di seluruh dunia menandatangani surat terbuka yang menyerukan kepada perwakilan negara-negara di General Assembly PBB untuk melanjutkan penugasan Staf ahli tersebut.  (R.A.W)

Sumber

Pink News