Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Anjali Lama mengatakan bahwa isu transgender merupakan isu yang cukup “panas” secara global, dan India tidak dapat kebal dari isu tersebut. Telah banyak usaha-usaha yang dilakukan untuk mengedepankan hak-hak transgender dan menghormati prestasi mereka. Orang-orang India, kecuali sebagian kecil dari mereka, telah memiliki pemikiran yang cukup luas dalam menerima keberadaan transgender. Anjali adalah anak seorang petani asal Nepal yang memiliki 4 saudara lelaki.

Anjali mungkin merupakan transgender pertama asal Nepal yang memiliki prestasi baik di industry busana Nepal. Dia lahir di Nuwakot sebagai lelaki bernama Nabin Wabia. Dia merubah gendernya dan menjadi perempuan ketika merantau ke Kathmandu untuk sekolah di tahun 2010.

Anjali telah terpilih untuk menjadi model di acara Lakme Fashion Week tahun yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2017 mendatang di JioGarden, Bandra-Kurla, Mumbai.

Anjali merasa bahwa dengan terpilihnya menjadi salah satu model dalam acara tersebut adalah sebuah apresiasi yang sangat besar dari orang-orang sekelilingnya, dan dia juga akan berusaha memberikan inspirasi untuk komunitasnya untuk melakukan hal yang sama.

Terinspirasi dari ibunya, dia merasa bahwa menjadi terkenal karena prestasi bukan hanya akan merubah persepsi orang lain , akan tetapi juga memberikan pengakuan atas apa yang kita suarakan.

Menurut Anjali, dunia industri busana memiliki pengaruh positif secara global. Terjalin dari kekebebasan untuk kreatif dalam berkreasi dan dari cara untuk mengekspresikan diri yang sangat kuat yang membuat industri ini semakin maju. Sikap tersebut yang membuat Anjani terpicu untuk merantau ke India dan mengeksplorasi karirnya. Anjani juga mengenang bagaimana dia menghadapi penolakan-penolakan pada awal karirnya karena dia seorang transgender. Namun saat ini Anjali merasa bahwa perubahan telah terjadi. Anjali juga mengatakan bahwa pendidikan sangat membantu bagi sebuah perubahan.

Kini Anjali berencana untuk menetap di Mumbai, kota dimana dia merasa dapat memberinya harapan dan kasih sayang berlimpah. (R.A.W)

Sumber:

Femina