Search
Close this search box.

mexico-fans-vadapt-980-high-82

SuaraKita.org – Federasi Sepakbola Meksiko kembali dikenai denda sebesar 30000 Dollar Amerika oleh FIFA karena masih gagal mengatasi masalah cacian bernada homofobik dalam pertandingan. Biasanya cacian homofobik tersebut dilakukan untuk mengacaukan konsentrasi kiper tim lawan.

Ini adalah ketiga kalinya Federasi Sepakbola Meksiko dikenai denda,. Masalah ini dikhawatirkan akan berujung kepada hukuman bertanding tanpa penonton bagi tim nasional Meksiko pada kualifikasi Piala Dunia.

Selain Meksiko, FIFA juga menjatuhkan sanksi kepada 10 Federasi Sepakbola atas tindakan fans mereka yang diskriminatif. Federasi sepakbola yang mendapatkan sanksi berupa denda dari FIFa adalah Federasi Sepakbola dari negara Honduras, El Salvador, Canada, Chile, Brazil, Argentina, Paraguay, Peru, Italy dan Albania.

Pada tahun 2014, Meksiko dihadapkan pada ancaman kehilangan poin setelah kata “puto” yang merupakan cacian untuk merendahkan seorang lelaki gay digunakan ketika bertanding melawan Kamerun. Namun  Federasi Sepakbola Meksiko mengatakan bahwa mereka akan membereskan masalah tersebut, walaupun pada kenyataannya tidak.

Beberapa waktu lalu Tim Nasional Sepakbola Meksiko meluncurkan sebuah kampanye anti diskriminasi dengan harapan tidak ada lagi cacian bernada homofobik di lapangan.cew9z5ew4aijk9t

Dalam kesempatan lain, kelompok pembela hak LGBT menyesali keputusan FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2018 dan 2022 kepada Rusia dan Qatar. FIFA pada tahun 2013 mengumumkan niatnya untuk menekan Qatar agar “melunak” tentang undang-undang anti-gay menjelang menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2022. Kepala tim sepakbola perempuan Inggris Casey Stoney mengatakan dia tidak akan hadir di Qatar karena LGBT tidak diterima di sana. (R.A.W)

Sumber

pinknews