Search
Close this search box.

1517544_1280x720

SuaraKita.org – Ahmad Khan Rahami, tersangka pelaku pengeboman di New York dan New Jersey yang menyebabkan sedikitnya 29 orang terluka telah tertangkap setelah seseorang mengenalinya dari foto yang ditayangkan dalam sebuah acara televisi. Ahmad dilumpuhkan dan ditangkap setelah baku tembak dengan polisi beberapa hari setelah dia melakukan perbuatannya. Setelah ledakan tersebut timbul spekulasi-spekulasi tentang motif dan tujuan mengapa Ahmad medelakkan bom tersebut, bahkan sebuah akun tumblr menyatakan bahwa bom itu ditujukan untuk LGBT.

Kepada Fox News  istri Ahmad, Maria menyatakan bahwa Ahmad dari dulu memang tidak menyukai Amerika, homoseksual dan budaya barat. Namun ahmad adalah warga negara naturalisasi Amerika Serikat.

“Dia sering membicarakan budaya barat dan perbedaannya dengan budaya di tanah kelahirannya afghanistan, dan dia juga mengatakan bahwa tidak ada homoseksual di Afghanistan” kata Maria.

Maria mengaku bahwa dia sudah 2 tahun tidak bertemu dengan Ahmad, setelah mereka berpisah.   Maria juga bercerita tentang kebencian Ahmad terhadap militer Amerika

“Waktu itu, dia sedang menonton televisi bersama putri mereka. Dalam tayangan tersebut terlihat seorang perempuan mengenakan seragam militer. Ahmad berkata kepada putri mereka ‘itu adalah orang jahat’. Dia terlihat tidak ramah kepada budaya Amerika, tapi saya tidak menyangka bahwa dia akan melampaui batas seperti ini” ucapnya.

Pada tahun 2011 Ahmed pernah melayangkan tuntutan kepada kepolisian daerah Elizabeth, New Jersey tempat tinggalnya dengan tuduhan anti-Muslim. Bersama ayah dan kakaknya Ahmed menuduh pihak kepolisian berusaha menutup usaha restoran mereka. Mereka juga menuduh warga sekitar mereka bersifat rasis kepada mereka.

Di tahun yang sama, Ahmed pergi ke Quetta, Pakistan. Ini yang menyebabkan dugaan bahwa dia mengalami radikalisasi setelah beberapa kali melakukan perjalanan ke Pakistan dan Afghanistan. Hal ini diperkuat oleh pernyataan seorang teman lamanya yang melihat ada hal-hal yang berubah dalam diri Ahmed setelah pulang dari Afghanistan. Ahmed terlihat menumbuhkan jenggot dan gemar memakai busana muslim tradisional. (R.A.W)

Sumber

dailycaller