Search
Close this search box.

SuaraKita.org – The Loud House, pertama kali tayang pada bulan mei. Serial kartun di  di channel Nickelodeon™ ini menceritakan tentang petualangan Lincoln Loud, seorang anak lelaki satu-satunya di keluarga dengan 10 orang saudari.

Dalam episode “Overnight Success” yang ditayangkan rabu kemarin, serial ini untuk pertama kalinya menampilkan tokoh pasangan gay, Harold dan Howard McBride dengan Wayne Brady dan Michael McDonald sebagai pengisi suaranya. Pasangan gay yang juga berbeda ras ini merupakan orang tua dari sahabat dari Lincoln, Clyde McBride. Dalam tayangan tersebut kemunculan pasangan gay muncul ketika Clyde diantar oleh kedua orang tuanya ke rumah Lincoln untuk menginap.

Jika dilihat, episode tersebut  topik keberagaman orientasi seksual  dikemukakan  dengan cara yang benar.  Dengan memperlakukan orang tua Clyde sama seperti pasangan lain, dan memperlihatkan kasih sayang mereka kepada Clyde sebagai sorotan. Selain serial tersebut, Nickelodeon™ juga pernah mengisyaratkan tentang  hubungan sesama jenis dalam serial Legend of Korra, ketika Korra dan Asami diasumsikan sebagai pasangan. Walaupun sampai akhir cerita kedua tokoh perempuan tersebut tidak secara eksplisit memiliki hubungan khusus.

Tayangan ini juga disebut-sebut sebagai salah satu kejadian penting dalam upaya memperkenalkan keberagaman orientasi seksual sejak dini. Dua tahun yang lalu Disney juga memunculkan pasangan sesama jenis pertama dalam program tayangan mereka Good Luck Charlie, dalam sebuah adegan  yang menayangkan ketika kedua orng tua Charlie menerima dengan baik sepasang lesbian yang merupakan ibu dari teman bermain Charlie, Taylor. Begitu juga dengan Cartoon Network  yang juga memunculkan tokoh gay pertamanya  dalam serial Clarence.

Dari semua tayangan tersebut memiliki sebuah kesamaan. Yaitu menampilkan keberagaman orientasi seksual secara sederhana. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan hal ini bukan merupakan sebuah topik berita. (R.A.W)

Sumber

Vanityfair