Search
Close this search box.
(Sumber : www.e-ir.info)
(Sumber : www.e-ir.info)

Oleh : Tom Boellstorff

Penerjemah : Maharani Karlina C.H.

Suarakita.org- Indonesia berada dalam ancaman—ancaman intoleransi dan penindasan sehubungan dengan orientasi seksual dan identitas gender. Apakah kita orang Indonesia atau bukan, penting untuk mengecam intoleransi, berdiri bersama orang Indonesia yang menantangnya, dan membayangkan dunia di mana siapa yang Anda cintai atau gender apa yang Anda identifikasikan tidak mempengaruhi status Anda sebagai anggota penuh masyarakat sipil.

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa masa depan Indonesia sebagai negara demokrasi menjadi taruhan, terutama karena di dunia, penindasan anti-LGBT seringkali berangkat dari (dan berhubungan dengan) bentuk-bentuk diskriminasi lain. Dalam kasus Indonesia, hal ini meliputi bentuk-bentuk marginalisasi, intoleransi, dan kekerasan yang berlanjut terhadap banyak wilayah di kepulauan ini (misalnya, Papua), sekaligus terhadap banyak kelompok—termasuk pekerja, petani, perempuan, dan rakyat miskin perkotaan—di mana di antara mereka sendiri terdapat individu-individu LGBT.

Artikel ini merespons serangkaian pernyataan dan aksi “anti-LGBT” beberapa pejabat pemerintahan, politikus, dan organisasi masyarakat Indonesia sebagaimana yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saya juga akan menggunakan akronim “LGBT” dengan pemahaman bahwa akronim ini merujuk pada rentang identitas meliputi gay, lesbian, tomboi (atau priawan, atau laki-laki trans; kurang-lebih transgender dari perempuan menjadi laki-laki), dan waria (kurang-lebih transgender dari laki-laki menjadi perempuan).

Analisis ini berdasarkan pengalaman saya sebagai antropolog yang mengunjungi Indonesia pertama kali pada 1992 dan melakukan penelitian luas mengenai kehidupan LGBT Indonesia; saya juga mengacu pada penelitian para kolega saya (misalnya, Bennett and Davies 2014; Blackwood 2010; Boellstorff 2005a, 2007, 2014; Davies 2007, 2016; Murtagh 2013; Oetomo 2001; Suryakusuma 2004; Wieringa 2002; Yulius 2015).

Artikel lengkap bisa diunduh di bawah ini.

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2016/06/Rani-Mei_OK1.pdf”]

Artikel berbahasa Inggris bisa diunduh di bawah ini.

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2016/06/Tom-B-Against-Straigtism.pdf”]

Sumber : www.e-ir.info