Search
Close this search box.
(Sumber : http://www.acsc.ca)
(Sumber : http://www.acsc.ca)

Oleh : M. Karlina C.H.

Suarakita.org- Media dapat menjadi agen sosialisasi seksual yang penting bagi remaja lesbian, gay, atau biseksual (LGB), yang seringkali memiliki sumber daya interpersonal yang terbatas untuk mendapatkan informasi seksual. Untuk mencari tahu apakah media telah menjalankan peran tersebut, analisis konten dilakukan dengan meneliti sampel program televisi, film, majalah, dan musik populer bagi remaja LGB.

Penelitian ini melihat bahwa heteroseksualitas direpresentasikan secara berlebihan sedangkan LGB kurang direpresentasikan di media yang populer dengan remaja LGB. Ketika muncul, percakapan seksual LGB seringkali berupa stereotip, cemooh, atau lelucon yang berhubungan dengan seksualitas dan jarang berupa hubungan atau seks.

Perilaku seksual LGB hampir tidak ada sama sekali. Pembicaraan seksual mengenai LGB nampak meningkat dalam televisi hiburan, namun perilaku seksual LGB tetap jarang ditemukan dari waktu ke waktu. Temuan didiskusikan dalam bahasan mengenai kemungkinan dampak paparan remaja LGB yang mengandalkan media untuk mendapatkan informasi mengenai seks dan seksualitas dalam sosialisasi seksual.

Artikel lengkap bisa diunduh di sini.

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2016/03/Rani_Maret-OK_2.pdf”]

Jurnal asli berbahasa Inggris bisa diunduh di sini.

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2016/03/Sex-and-Sexuality-in-Entertainment-with-LGB.pdf”]