Search
Close this search box.

21BMTAXI_2704369fSuaraKita.org – Hidup Sanjeevani Chauhan perlahan berubah, semula dia hanya mengemis belas kasih di jalanan kini menjadi supir taksi transgender pertama di India. Wings Travel, sebuah perusahaan perjalanan bekerjasama dengan Humsafar Trust, sebuah LSM pembela hak LGBT membuat sebuah proyek yang memungkinkan kaum marginal india mendapatkan kehidupan yang layak dengan meluncurkan Wings Rainbow, armada taksi yang mempekerjakan LGBT sebagai pengemudinya.

Meskipun gender ke-tiga telah diakui oleh pemerintahan India sejak 2014, akan tetapi stigma masyarakat terhadap transgender masih cukup berpengaruh. Banyak transgender yang sulit mendapatkan pekerjaan dan berakhir di jalanan sebagai pengemis atau penjaja seks. “Bekerja sebagai supir taksi bukan hanya memberikan kami penghidupan, akan tetapi kami merasa dihormati dan diterima oleh masyarakat” kata Chauhan.

Hal ini diamini oleh Pallav Patankar, direktur program dari Humsafar Trust. “Komunitas LGBT khususnya transgender masih menghadapi stigma yang kuat dan mempengaruhi ekonomi mereka, dengan adanya program ini semoga mereka mendapatkan kesempatan dan merasa diterima oleh masyarakat. Pada saat ini terdapat 2.5 juta jiwa penduduk India yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai LGBT.

Proyek ini rencananya akan melatih sekitar 300 orang pengemudi LGBT di Mumbai sebagai awal, dan akan Menyebar ke kota-kota lainnya. Direktur Wings Travel Arun Kharat mengatakan, “ kami akan menargetkan 1500 pengemudi LGBT akan tersebar diseluruh penjuru India. Menjadi pengemudi taksi adalah sebuah jalan untuk mereka agar memperoleh kehidupan yang layak, merasa dihormati haknya dan merasa memiliki kemerdekaan.” (Radi Arya Wangsareja)

 

Sumber:

www.reuters.com

www.aljazeera.com