Search
Close this search box.
biskupski-and-fiancee-750
Biskupski dan Iverson. Sumber: http://www.advocate.com/

Suarakita.org – Berdiri bersanding dengan tunangannya, Jackie Biskupski mengucapkan sumpah jabatan dalam pelantikannya sebagai walikota Salt Lake City, Senin (4/1).

Biskupski, walikota yang terpilih pada Nopember lalu, ialah seorang Lesbian dan walikota perempuan kedua di kota terbesar negara bagian Utah – yang sekian lama terkenal sebagai kota Mormon yang konservatif.

“Sebagai walikota baru anda, saya berkomitmen untuk membangun kota yang ramah dan inklusif,” Ujar Biskupski pada kerumunan massa yang berkumpul di alun-alun Salt Lake City.

Biskupski, yang merayakan sumpah jabatan dengan memeluk tunangannya, Betty Iverson (gambar atas) memberikan nuansa yang menggemparkan bagi staf di kantor barunya. “Hari ini saya tandai sebagai momen bersejarah untuk kesetaraan yang tidak boleh dianggap remeh temeh. Kita harus senantiasa berjuang menuju keadilan bagi semua,” ungkapnya.

Ia rupanya menaruh prioritasnya sebagai walikota yang berkomitmen untuk keadilan kota, mengurangi angka gelandangan dan meningkatnya ekonomi lokal.

Biskupksi sebelumnya juga telah menelurkan sejarah sebagai anggota DPRD Utah yang secara terang-terangan mengaku sebagai Lesbian. Ia terpilih untuk menduduki kursi DPRD negara bagian Utah pada 1998 selama tujuh periode. Hingga sebelum dilantik ia merupakan ajudan kepala polisi Salt Lake City, Jim Winder. Ia berhasil mengalahkan calon walikota incumbent, Ralph Becker pada pilkada tiga bulan lalu.

Ketika Biskupski menyatakan sumpahnya, politikus Lesbian lainnya juga turut menghadiri acara pelantikan ini. Ia adalah walikota Houston Annise Parker.

Pada saat yang sama, ternyata tidak hanya walikota baru Salt Lake City yang mengucapkan sumpah jabatan, seorang yang terbuka sebagai gay – yang beberapa waktu lalu melakukan gugatan terhadap perkawinan sejenis di Utah, Derek Kitchen juga dilantik sebagai dewan kota.

“Kita sangat gembira memiliki walikota seperti Biskupski dan anggota dewan seperti Derek Kitchen”, ungkap Troy William, direktur eksekutif kelompok LGBT untuk Kesetaraan di Utah. “Ini merupakan berita baik bagi komunitas gay dan masyarakat lainnya yang siap untuk memperbaiki tatanan publik.” tutupnya mengakhiri. (Wida Puspitosari)

 

 

Sumber: http://www.advocate.com/politics/2016/1/04/watch-jackie-biskupski-sworn-salt-lake-citys-first-lesbian-mayor