Search
Close this search box.
Hiroko Masuhara dan Koyuki Higashi – dok. Reuters

SuaraKita.org – Shibuya, distrik yang dikenal oleh dunia internasional sebagai pusat fashion di Jepang telah mengeluarkan sertifikat resmi yang mengesahkan hubungan sesama jenis. Sejatinya hubungan sesama jenis masih merupakan hal yang tabu bagi pemerintah Jepang dan beberapa elemen elemen dalam masyarakat, walaupun komunitas LGBT di Jepang telah lama ada, namun mereka masih berjalan dengan sembunyi-sembunyi. Dengan demikian pasangan LGBT di jepang memiliki kans besar untuk mendapatkan benefit sebagai pasangan, Legalisasi hubungan sesama jenis juga direalisasikan di distrik Setagaya, sebuah distrik pemukiman yang ramai di Tokyo.

Dikutip dari kantor berita Reuters Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan masih sangat penting bagi pemerintah untuk berhati-hati dalam mengusahakan perubahan konstitusi yang mendukung pasangan sesama jenis. Hal ini diamini oleh Walikota Shibuya Ken Hasebe yang mengkampanyekan pro-LGBT. “Perlu perjalanan panjang untuk sampai kesini” Tegasnya.

Pasangan Hiroko Masuhara dan Koyuki Higashi adalah salah satu pasangan yang bergembira dengan adanya legalisasi hubungan sesama jenis ini “Ini adalah sebuah langkah besar untuk Tokyo dan juga Jepang yang membuat negara ini menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Walaupun masih jauh jalan untuk melangsungkan pernikahan sesama jenis, yang penting tempat kami tinggal sudah mengakui bahwa kami adalah sebuah keluarga dan mendapatkan hak-hak sebagai sebuah keluarga”

sumber